Jalan Ambles, Tim PUPR Duga Pengembang Lalaikan Keamanan Konstruksi

Hari Widowati
19 Desember 2018, 13:47
Jalan rusak
ANTARA/ISMAR PATRIZKI
Ilustrasi jalan rusak.

Tim Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menduga tanah ambles yang terjadi di Jalan Raya Gubeng Surabaya, Jawa Timur disebabkan pengembang yang melalaikan keamanan konstruksi saat pembangunan. Karakteristik tanah di Jalan Raya Gubeng yang merupakan tanah aluvial kelabu tua dengan kandungan air cukup tinggi rentan longsor sehingga pengembang harusnya sudah mengantisipasi hal tersebut.

"Kami masih mengecek dan mendalami apakah ada unsur kelalaian atas musibah ini," kata Pejabat Fungsional Balai Konstruksi Surabaya Kementerian PUPR, Tri Indianto seperti dikutip Antara, di Surabaya, Rabu (19/12). Menurutnya, banyak kemungkinan yang bisa terjadi dari peristiwa amblesnya tanah di Jalan Raya Gubeng. Kementerian PUPR menurunkan tim dari Jakarta yang berjumlah 4 orang untuk meninjau langsung ke lokasi.

Sementara itu, Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya menyatakan karakter tanah di Jalan Raya Gubeng mudah longsor. "Karakteristik itu sudah tertuang dan terpenuhi dalam dokumen perizinan," ujar Kepala Bidang Pelayanan dan Perizinan Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya, Ali Murtado, saat meninjau lokasi tanah ambles tersebut. Tanah kategori aluvial kelabu tua merupakan tanah endapan yang terbentuk dari lumpur dan pasir halus yang mengalami erosi tanah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya, Eko Agus Supiadi, memastikan izin Analisa mengenai dampak lingkungan (Amdal) untuk proyek basement Rumah Sakit Siloam tersebut sudah terpenuhi. "Secara administrasi sudah semua. Persyaratan pembangunan sudah terpenuhi," ujarnya.

Pembangunan konstruksi basement pengembangan Rumah Sakit Siloam sudah memenuhi beberapa syarat, di antaranya adanya dinding penyangga dan tanggul yang harus dibuat untuk mengantisipasi terjadinya longsor. "Dalam kelengkapan dokumen sudah dilengkapi, syarat penyangga dinding dan tanggul juga tertuang. Semua sudah diantisipasi termasuk kemungkinan longsor," katanya.

(Baca: Jalan Gubeng Ambles, Pemkot Surabaya: Ada Kesalahan Konstruksi)

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...