Jalan Gubeng Ambles, Pemkot Surabaya: Ada Kesalahan Konstruksi

Hari Widowati
19 Desember 2018, 09:49
konstruksi properti
KATADATA
Ilustrasi konstruksi proyek properti.

Pemerintah Kota Surabaya menyatakan, kejadian amblesnya Jalan Raya Gubeng diduga disebabkan oleh kesalahan konstruksi dari pengerjaan proyek basement lantai tiga Rumah Sakit Siloam, Surabaya. Pemkot Surabaya bersama PT Nusa Konstruksi Enjiniring (NKE) dan tim ahli bangunan akan mengecek lagi ke lokasi untuk memastikan secara detail penyebab amblesnya Jalan Raya Gubeng.

"Tadi pagi, saya cek ke lokasi ternyata itu kesalahan konstruksi pembangunan basement RS Siloam tiga lantai," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota Surabaya Eri Cahyadi kepada Antara, di Surabaya, Rabu (19/12). Amblesnya Jalan Raya Gubeng disebabkan "collapse" atau runtuhnya tembok penahan tanah pada proyek pembangunan basement gedung RS Siloam.

"Kalau melihat bentuk keruntuhan tembok penahan tanah yang ada karena disebabkan pentahapan pelaksanaannya tidak mengikuti prosedur," katanya. Konstruksi tembok penahan tanah terbuat dari konstruksi Soldier Pile (bored piled beton) yang dipasang berjajar dengan kedalaman tertentu, dan dibantu dengan ground anker, dan bentonite.

(Baca: Gempa Situbondo Sebabkan 51 Rumah Rusak )

Konstruksi tembok penahan tanah ini ambrol karena tidak mampu menahan beban lateral dari Jalan Raya Gubeng sehingga mengenai jalan raya. Saat ditanya soal perizinan, Eri mengatakan, tidak ada masalah karena sudah dilakukan dengan benar. Hanya saja, pelaksanaan pengerjaan proyek yang dinilai tidak benar. "Secara garis besar itu kesalahan konstruksi. Tapi kami akan mendetailkan persoalan itu bersama tim ahli dan pihak kontraktor," katanya.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...