Hasil Uji Jalan: B20 Tak Merusak Mesin Kereta Api

Image title
20 Desember 2018, 16:22
Microsite Biodiesel
Arief Kamaludin | Katadata
Biodiesel murni dan campuran solar dengan kadar 10 dan 20 persen.

Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah selesai melakukan uji jalan (road test) terhadap penggunaan campuran minyak sawit dan Solar sebesar 20% atau B20 untuk kereta api. Hasilnya, kereta api bisa menggunakan B20 sebagai bahan bakar dan tidak ada masalah.

Dasar melakukan uji jalan ini karena sebelumnya ada keluhan mengenai penggunaan B20. Adapun, kereta api sudah menggunakan B20 sebagai bahan bakar sejak tahun 2016.

Direktur Bioenergi Ditjen EBTKE Adrian Febi Misna mengatakan pada 2016 itu ada berbagai masalah dalam penggunaan B20, seperti kerusakan pada mesin, seperti korosi, dan kehausan pada ijektor dan pompa bahan bakar. Namun, melalui tes jalan ini masalah tersebut terbantahkan.

Hasil uji jalan itu menemukan kerusakan pada mesin bukan karena B20. Akan tetapi, ada kerusakan mesin yang sudah terjadi sebelum menggunakan B20. "Kemarin ada masalah, maka dilakukan uji coba. Setelah uji coba, hasilnya masalah tersebut bukan disebabkan oleh penggunaan B20," kata dia di Jakarta, Kamis (20/12).

Dalam uji jalan ini Direktorat Jenderal EBTKE bekerja sama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Le Migas, Insitut Teknologi Bandung (ITB), Kementerian Perhubungan, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan Asosiasi terkait. Uji tes berlangsung mulai 16 Februari hingga 20 Agustus 2018.

Selama enam bulan, mereka melakukan tiga macam pengujian yaitu, uji kualitas bahan bakar, uji kinerja, dan uji materil. Uji ini dilakukan terhadap dua jenis lokomotif, yakni lokomotif berjenis 205 yang digunakan untuk mengangkut batu bara, dan lokomotif 206 yang digunakan untuk mengangkut penumpang. Pengujian dilakukan melalui rute Tanjung Enim, Sumatera Selatan-Tarakan, Kalimantan Utara.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...