Garuda Indonesia Optimistis Catatkan Laba di Akhir Tahun Ini

Image title
21 Desember 2018, 19:10
Garuda Indonesia
Donang Wahyu|KATADATA

Manajemen PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk optimis akan mengantongi laba pada akhir tahun ini. Padahal, sebelumnya manajemen Garuda Indonesia memperkirakan akan mencatatkan kerugian sebesar US$ 100 juta hingga akhir tahun ini.

Kendati demikian, Direktur Utama Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra masih merahasiakan perkirakaan laba Garuda tahun ini dengan alasan mereka adalah perusahaan terbuka dan bisa mempengaruhi pasar. "Year to year (yoy), kami targetkan positif walaupun kecil. Tahun lalu kami rugi US$ 220 juta dan mudah-mudahan tahun ini kami bisa positif," katanya di Jakarta, Jumat (21/12).

Sebelumnya, Ari memperkirakan kerugian maskapai penerbangan plat merah tersebut dapat ditekan hingga sebesar US$ 100 juta usai dirinya menduduki jabatan direktur utama pada September 2018. Menurutnya, melesetnya perkiraan karena saat itu dia baru masuk dan belum melakukan perbaikan. Beberapa perbaikan yang dia lakukan antara lain melakukan efisiensi serta mengubah strategi bisnis, salah satunya merestrukturisasi biaya sewa pesawat.

Perkembangan positif Garuda Indonesia juga karena mereka banyak melakukan kerja sama dengan pihak ketiga, khususnya untuk iklan dan pemasaran. Kerja sama yang dilakukan Garuda Indonesia seperti denngan marketplace Traveloka, JD.ID, tiket.com, dan lainnya.

(Baca: Garuda Indonesia Kembali Layani Penerbangan Rute Jakarta-London)

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...