Ketimbang Selfie, Pelancong Generasi Z Lebih Suka Dipotret Fotografer

Dini Hariyanti
21 Desember 2018, 21:04
Myanmar
Donang Wahyu|KATADATA
Wisatawan berfoto dan menikmati senja diatas jembatan penyebrangan orang yang terletak diatas perempatan Jalan Sule Pagoda dengan latar belakang pemukiman penduduk dan proyek kontruksi di Yangon, Myanmar. Akibat krisis kemanusiaan atas minoritas Rohingya yang terjadi di negara bagian Rakhine, kunjungan wisatawan asing menurun drastis.

Pada tahun ini, wisatawan Indonesia berusia 18 - 24 tahun yang menyewa jasa fotografer profesional saat berlibur mengalami kenaikan. Berdasarkan laporan FrameATrip.com diketahui porsi Generazi Z ini mencapai 32% sedangkan tahun lalu hanya 28%.

Layanan daring fotografi profesional untuk liburan tersebut mencatat kontribusi wisatawan milenial berusia 25 - 34 tahun tetap yang terbesar mencapai 45%. Angka ini sebetulnya turun dibandingkan dengan tahun lalu sebesar 51%.

CoFounder FrameATrip.com Dian Sastrowardoyo menyatakan, kalangan milenial kerap mengincar jumlah "like" pada foto yang diunggah melalui akun media sosial. "Tapi yang kami lihat pada 2018, Generasi Z juga mulai tak mau kalah," katanya mengutip siaran pers, Jumat (21/12).

(Baca juga: Malang dan Banyuwangi jadi Destinasi Favorit Baru Wisatawan Domestik

Selain itu, para pelancong laki-laki tampak tidak mau kalah dengan perempuan. Kaum adam yang menyewa fotografer profresional kontribusinya naik dari 14% (2017) menjadi 29% (2018). "Kaum pria Generasi Z pun tidak mau kalah eksis dibanding wanita,” imbuh Dian.

Wisatawan yang menggunakan jasa fotografer paling banyak berlibur ke Bali (Indonesia), Tokyo (Jepang), Paris (Prancis), Kyoto (Jepang), dan Sydney (Australia). Peringkat Sydney menggantikan London (Inggris) yang menduduki lima besar pada 2017.

Adapun, berdasarkan suasana tempat mengambil foto diketahui foto luar ruangan tetap mendominasi sebesar 92%. "Soal gaya (saat mengambil gambar) sebanyak 83% pengguna FrameATrip.com memilih gaya kasual 83% dengan dandanan tipis," ujar Dian.

(Baca juga: Aktivitas Wisata Meningkat, Passpod Catat Kenaikan Pendapatan 377%

FrameATrip.com adalah usaha rintisan nasional di industri pariwisata yang berdiri sejak 2017 di Jakarta. Laman daring ini menyajikan platform jaringan fotografer profesional di lebih dari 200 kota di seluruh dunia.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...