TGB Pindah Haluan, Demokrat Tak Gentar Elektabilitas Prabowo Tergerus

Dimas Jarot Bayu
22 Desember 2018, 13:00
Gubernur NTB Muhammad Zainul Majdi alias Tuan Guru Bajang (TGB)
ANTARA FOTO/Weli Ayu Rejeki
Ketua Alumni Al-Azhar Internasional yang juga Gubernur NTB Muhammad Zainul Majdi dan disapa Tuan Guru Bajang (TGB) di Kampus UNSERA, Serang, Banten, Jumat (4/5/2018). \

Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Panjaitan menyatakan tak masalah dengan kepindahan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) ke Golkar. Hinca yakin masuknya TGB ke Golkar tak mempengaruhi elektabilitas pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Dia beralasan elektabilitas Prabowo-Sandiaga masih unggul di NTB. Pengaruh TGB diyakini tak bisa mengalihkan suara jagoannya ke Joko Widodo-Ma'ruf Amin. “Pilpres tak bisa tarik gerbong di NTB,” kata Hinca di kediaman Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono, Jalan Mega Kuningan Timur VII, Jakarta Selatan, Jumat (24/7).

(Baca: Dilantik Jadi Wagub NTB, Kakak TGB Ikuti Jejak Adik Dukung Jokowi)

Tak hanya itu, perpindahan TGB ini diprediksi tak mempengaruhi Demokrat. Masih banyak kader partai berlambang mercy ini yang mumpuni di NTB. Tapi dia tetap mengucapkan selamat atas perpindahan TGB. “Semoga sukses di tempat lain,” kata dia.

Perpindahan TGB ke Golkar diketahui saat forum silaturahim Partai Golkar di Hotel Dharmawangsa, di Jakarta, Kamis (20/12) malam. Dalam forum tersebut TGB resmi diperkenalkan sebagai kader partai berlambang beringin oleh Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto.

Golkar lantas memberikan dua jabatan kepada TGB, yakni Ketua Koordinator Bidang Keumatan dan Wakil Ketua Badan Pemenangan Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden. Airlangga beralasan pemberian dua jabatan itu karena pengalaman dan jam terbangnya.

(Baca: TGB Digadang Jadi Calon Wakil Ketua Tim Kampanye Jokowi-Ma'ruf)

Selain itu, Tuan Guru dianggap memiliki rekam jejak yang bagus sebagai politisi sekaligus kepala daerah. Dengan demikian, TGB diharapkan dapat mendongkrak suara Golkar, khususnya di NTB dalam Pemilu 2019.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...