Harga Beras Naik, Jokowi Instruksikan Bulog Gelar Operasi Pasar

Ameidyo Daud Nasution
28 Desember 2018, 05:00
Beras Cipinang
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Para buruh pengangkut beras sedang memindahkan beras di gudang beras, Pasar Induk Cipinang (18/10)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memanggil beberapa menteri dan pejabat Bulog ke Istana Negara untuk membahas mengenai kenaikan harga beras  yang terjadi sejak tiga minggu terakhir. Dalam pertemuan itu, Jokowi menginstruksikan Bulog menggencarkan operasi pasar untuk menstabilkan harga beras. 

Pertemuan yang digelar Kamis sore (27/12) itu dihadiri Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno dan Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso.

"Presiden menginstruksikan Bulog menggelar operasi pasar lebih gencar lagi untuk menekan harga agar stabil." kata Darmin usai rapat tersebut.

(Baca: BPS Peringatkan Ada Indikasi Lonjakan Harga Beras pada Desember)

Menurutnya,  harga beras memang naik dalam beberapa waktu terakhir. Namun, kenaikannya tak terlalu signifikan atau hanya sekitar 0,4% untuk jenis medium dan 0,04% untuk beras premium.

Berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional harga beras medium I secara rata-rata nasional naik Rp 50 menjadi Rp 11.900 per kilogram. 

Karenanya, untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan harga yang besar, Jokowi meminta harga beras dapat ditekan dalam satu hingga dua bulan ke depan melalui operasi pasar.  Adapun fokus operasi pasar akan digelar di seluruh Indonesia, dimulai dari Jakarta.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...