Cuaca Buruk, Kunjungan Wisatawan ke Kepulauan Seribu Turun

Image title
Oleh Ekarina
31 Desember 2018, 18:20
Gugusan pulau seribu
Antara / Ahmad Subaidi
Gambar gugusan Kepulauan Seribu yang diambil melalui udara.

Jumlah kunjungan wisatawan di Kepulauan Seribu menurun menjelang pergantian tahun. Hal ini sebabkan akibat cuaca buruk yang diprediksi melanda kawasana tersebut.

Ketua Asosiasi Jasa Wisata Kepulauan Seribu Mickey Musleh membenarkan perihal tersebut. "Ya begitu lah (sepi wisatawan di Kepulauan Seribu). Banyak wisatawan yang membatalkan penginapan juga," ujar Mickey di Jakarta, Senin (21/12).

(Baca: Pengusaha Wisata Pesimistis Target 20 Juta Turis Asing 2019 Tercapai)

Selain cuaca buruk, menurut Mickey, penurunan jumlah wisatawan Kepulauan Seribu juga disebabkan oleh ketakutan terjadinya tsunami  ke kawasan tersebut akibat peningkatan aktifitas Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda.

"Memang sepi, dikarenakan cuaca yang kurang kondusif dan lagi ada bencana tsunami Selat Sunda akibat aktifitas anak gunung Krakatau," katanya.

Dampak dari penurunan jumlah wisatawan yang berimbas terhadap pembatalan pesanan penginapan sehingga sejumlah pengusaha penginapan di Kepulauan Seribu mengalami kerugian.

(Baca: Terdampak Tsunami Selat Sunda, Destinasi Wisata Lampung Selatan Lumpuh)

Di sisi lain, dia pun memaklumi alasan para wisatawan memilih menunda berwisata ke Kepulauan Seribu demi alasan keselamatan diri.

"Para wisatawan bisa mengambil sikap untuk tak berwisata ke Kepulauan Seribu dulu, demi keamanan dan kenyamanan bersama agar tidak memaksakan wisata ke Kepulauan Seribu," ujarnya.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...