Edy Putra Irawady Pegang Sementara Jabatan Kepala BP Batam

Rizky Alika
7 Januari 2019, 20:48
Batam
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Pulau Batam

Pemerintah melantik Staf Khusus Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Edy Putra Irawady sebagai Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Batas Batam (BP Batam). Ia akan menjabat selama masa transisi atau hingga dirilisnya perubahan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 46 Tahun 2007 yang mengatur kepemimpinan ex-officio BP Batam oleh walikota.

Dengan pengangkatan Edy maka Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo diberhentikan dari tugasnya. Ketetapannya, Edy akan bertugas hingga 30 April 2019. Ini artinya transisi ditargetkan terjadi sebelum berakhirnya masa tugas tersebut. Adapun, keberadaan Edy diharapkan bisa membuat transisi berjalan mulus.

(Baca: BP Batam Tidak Dibubarkan, Jabatan Pimpinan Dirangkap Wali Kota)

"Ini akan lebih efektif lebih mulus untuk penyerahan dan penggabungan jabatan wali kota dengan Kepala BP Batam," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution selaku Ketua Dewan Kawasan Batam usai Pelantikan Kepala dan Deputi BP Batam di kantornya, Jakarta, Senin (7/1).

Edy terpilih lantaran dinilai memenuhi kriteria untuk memimpin dalam masa transisi. Ia mempunyai pengalaman yang cukup sebagai pimpinan birokrasi atau telah senior, pengetahuan yang cukup mengenai Batam, serta kebijakan dan pelaksanaan investasi serta aktivitas usaha.

Selain itu, ia dianggap mampu menciptakan iklim yang kondusif untuk konsolidasi internal maupun komunikasi ke pelaku usaha dan masyarakat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...