Jim Yong Kim Mundur dari Kursi Presiden Bank Dunia per 1 Februari 2019

Hari Widowati
8 Januari 2019, 10:09
Jokowi dan Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim
www.setkab.go.id
Presiden Jokowi bersama Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (4/7)

Presiden Grup Bank Dunia Jim Yong Kim menyatakan ia akan mengundurkan diri dari posisi yang dijabatnya selama 6 tahun terakhir mulai 1 Februari 2019. Selama periode 2012-2018, Bank Dunia telah menyalurkan total pinjaman US$ 278,15 miliar, level tertinggi sejak krisis finansial 2008.

Kim mengatakan, kepercayaan yang diberikan kepadanya sebagai Presiden Grup Bank Dunia merupakan kehormatan besar. Pasalnya, institusi tersebut memiliki individu-individu yang berdedikasi menjalankan misi untuk mengentaskan kemiskinan.

"Tugas Bank Dunia saat ini lebih penting dibandingkan sebelumnya seiring meningkatnya aspirasi masyarakat miskin di seluruh dunia dan masalah-masalah seperti perubahan iklim, wabah, kelaparan, dan pengungsi yang skala dan kompleksitasnya terus berkembang," ujar Kim dalam siaran pers di situs Bank Dunia, Senin (7/1). Selanjutnya, tugas Kim akan dilanjutkan oleh CEO Bank Dunia Kristalina Georgieva.

Di bawah kepemimpinan Kim dan dukungan dari 189 negara anggota, Bank Dunia pada 2012 menetapkan dua tujuan, yakni mengakhiri kemiskinan ekstrem pada 2030 dan mendorong kemakmuran bersama. Tujuan ini difokuskan pada 40% populasi di negara-negara berkembang.

Kedua tujuan ini menjadi panduan bagi kegiatan Bank Dunia sehari-hari. Pendanaan Grup Bank Dunia untuk masyarakat termiskin, yakni International Development Association (IDA), mencapai dua rekor perbaikan yang membuat lembaga ini mampu meningkatkan kinerjanya di wilayah yang terpapar konflik dan kekerasan.

(Baca: Menteri Luhut Ceritakan Mudahnya Tarik Investasi Setelah Pertemuan IMF)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...