Liga Mobile Legends Musim Ketiga Perebutkan Rp 1,7 Miliar

Penulis: Dini Hariyanti

15/1/2019, 19.29 WIB

Babak utama MPL musim ketiga diikuti 12 tim terbaik di Tanah Air. Sejumlah enam di antaranya adalah grup terbaik pada MPL musim kedua.

Tech in Asia
Arief Kamaludin|KATADATA
Selain mengikuti aneka diskusi menarik perihal perkembangan startup, peserta dan pengunjung juga dapat mengikuti beragam sesi menarik.

Turnamen liga profesional Mobile Legends musim ketiga digelar. MET Mobile Legends: Bang Bang Professional League Indonesia (MPL Indonesia) kali ini memperebutkan hadiah senilai total US$ 120 ribu atau sekitar Rp 1,7 miliar.

Lius Andre selaku E-Sport Manager Moonton Indonesia mengatakan, Mobile Legends adalah gim pionir e-sport di Tanah Air. Pengguna aktifnya setiap bulan mencapai 30 juta. "Kami yakin MPL musim ketiga bisa memberi dampak besar kepada industri," ujarnya, di Jakarta, Selasa (15/1).

(Baca juga: Biaya Pengembangan Gim Horor Dreadout 2 Lebih Rp 2,8 Miliar

Tahap kualifikasi secara daring berlangsung pada 9 - 13 Januari 2019. Fase selanjutnya adalah final kualifikasi pada 24 - 27 Januari 2019. Sementara itu, musim regulernya dimulai pada 16 Februari - 31 Maret 2019.

"Buka pendaftaran kurang dari seminggu, tim yang mendaftar hampir seribu untuk Indonesia," ujar Reza Ramadhan sebagai Head of Marketing MET. Indonesia yakni organisasi penyelenggara MPL musim ketiga.

Babak utama MPL musim ketiga diikuti 12 tim, enam di antaranya grup terbaik pada MPL musim kedua. Mereka mendapatkan undangan langsung untuk main di turnamen utama. Sejumlah enam tim lain diperebutkan melalui babak kualifikasi. Beberapa grup tersohor, seperti EVOS, RRQ, dan Louvre dipastikan ikut berkompetisi. 

(Baca juga: Gim Ponsel Terus Kuasai 90% Pasar Lokal

Pada sesi kualifikasi, MPL musim ketiga diawali dengan kualifikasi secara daring melibatkan maksimal 512 tim dari seluruh Indonesia. Mereka bertanding dengan konsep bracket single elimination best of one hingga mencapai babak 32 besar. Format pertandingan lalu berubah menjadi best of three tetap dengan single elimination bracket.

Delapan tim yang lolos dari tahap tersebut akan maju ke babak final kualifikasi. Mereka akan berhadapan dengan grup peringkat ke-7 dan ke-8 MPL musim kedua. Mereka selanjutnya dibagi menjadi dua grup untuk bertanding dalam format round robin best of three.

(Baca juga: Playgame Jaring 20 Pengembang Permainan Lokal Tahun Depan

Tiga tim terbaik melaju ke babak utama musim reguler. MET. Indonesia menyatakan, MPL musim ketiga bakal beda dibandingkan dengan yang sebelumnya. Pada musim ini menggunakan studio profesional dan teknologi yang lebih canggih.

Lius Andre belum bersedia mengungkap waktu dan lokasi grand final. "Kalau kapannya belum bisa disebutkan, tapi kalau di mananya kemungkinan besar di Jakarta," ujar dia.

Reporter: Antara

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha