Sri Mulyani Tanggapi Spekulasi Layak Jadi Kandidat Bos Bank Dunia,

Rizky Alika
16 Januari 2019, 20:31
Sri Mulyani
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati

Spekulasi berkembang soal nama-nama tokoh yang bakal masuk sebagai kandidat Presiden Bank Dunia (World Bank). Ini menyusul pengunduran diri Jim Yong Kim dari posisi tersebut mulai 1 Februari 2019. Sempat muncul dorongan agar Bank Dunia dipimpin oleh orang non-Amerika dan nama Sri Mulyani Indrawati pun disebut.

Namun, Sri Mulyani tampaknya enggan mengomentari hal tersebut secara gamblang. “Saya Menteri Keuangan,” kata dia, saat ditemui wartawan di Kompleks DPR, Jakarta, Rabu (16/1). 

Advertisement

Dorongan agar Bank Dunia dipimpin non-Amerika disampaikan Mark Sobel, pimpinan lembaga think tank The Official Monetary and Financial Institutions Forum (OMFIF) AS. Menurut dia, tradisi bahwa Bank Dunia dipimpin warga negara AS, dan Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF) dipimpin warga negara Eropa sudah waktunya berubah.

(Baca: Usulan Bank Dunia Dipimpin Non-Amerika, Nama Sri Mulyani Disebut)

Alasannya, penyokong ekonomi global sudah lebih tersebar, dengan penurunan pada porsi negara ekonomi maju. Bank Dunia dan IMF juga telah menjadi lebih universal setelah kejatuhan Uni Soviet dan seiring peningkatan ekonomi Tiongkok.

Menurut dia, terpilihnya pemimpin dengan kewarganegaraan berbeda akan meningkatkan posisi global (global standing) Bank Dunia dan IMF. Selain itu, akan membantu melawan kecenderungan ke arah regionalisme, ketika pinjaman resmi Tiongkok menantang skala dan standar dari pinjaman multilateral – membuat keberlanjutan utang di banyak negara melemah.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement