Jokowi Kuasai Media Sosial Setelah Putaran Pertama Debat Capres

Desy Setyowati
18 Januari 2019, 16:01
Debat Capres I 2019
Arief Kamaludin | Katadata
Paslon 01 dan Paslon 02, Jokowi-Ma\'ruf dan Prabowo-Sandi, berjabat tangan usai Debat Capres I 2019 di Jakarta, Kamis, (17/1/2019)

Debat calon presiden (capres) telah berlangsung pada Kamis (17/1) malam kemarin. Setelah sesi debat perdana tersebut, PoliticaWave menyatakan pasangan capres dan wakil presiden (cawapres) Joko Widodo dan Ma'ruf Amin mengungguli Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno dalam hal percakapan di media sosial.

"Secara keseluruhan, pasangan calon Nomor Urut 01 mendominasi percakapan netizen," kata Founder of PoliticaWave Yose Rizal dalam siaran pers dikutip dari Antara, Jumat (18/1).

Perbandingannya, 55% percakapan netizen seputar debat pertama capres dan cawapres terkait pasangan Nomor Urut 01, yakni Jokowi-Ma’ruf dan 45% tentang pasangan Nomor Urut 02, Prabowo-Sandiaga.

Yose Rizal juga menganalisis sentimen komentar netizen di media sosial terkait kedua pasangan calon. Ia menyebut, pasangan Jokowi-Ma'ruf meraup presentase sentimen positif sebesar 82% dan sentimen negatif sebesar 18%. Sedangkan pesaingnya, Prabowo-Sandi meraih 76% sentimen positif dan 24% negatif.

(Baca: Timses Sebut Prabowo Terlalu Santun dalam Debat Perdana)

Berdasarkan data yang ia terima, pasangan Jokowi-Ma'ruf menguasai seluruh segmen dalam debat perdana. Bahkan, pada segmen dua yang membahas tema hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM), Jokowi-Ma'ruf meraih sentimen positif 88%. "Karena pernyataan Jokowi terhadap Prabowo untuk tidak menuduh atau menyebarkan berita hoaks," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...