Empat Unicorn Dorong Pertumbuhan Tiga Sektor Industri Indonesia
Indonesia memiliki empat unicorn yakni Gojek, Traveloka, Tokopedia, dan Bukalapak. Menurut Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), teknologi digital yang dibawa keempat unicorn ini menjadi berkah bagi sektor transportasi, logistik, dan pariwisata.
Unicorn merupakan sebutan bagi startup bervaluasi lebih dari US$ 1 miliar. "Semua unicorn Indonesia saat ini adalah perusahaan yang erat kaitannya dengan bisnis transportasi dan logistik," ujar Direktur Jenderal (Dirjen) Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Kominfo Ismail dalam siaran pers, Sabtu (19/1) lalu.
Ia mencontohkan, Gojek merekrut banyak mitra pengemudi baik kendaraan roda dua maupun roda empat. Lalu, e-commerce Bukalapak dan Tokopedia membutuhkan jasa logistik untuk semua barang yang ditransaksikan di platform mereka. Begitu pun dengan Traveloka yang menyediakan tiket pesawat, bus, hingga kereta api.
Begitu pun dengan sektor pariwisata yang juta mendapat berkah. "Traveloka memberi kemudahan untuk bepergian bagi masyarakat Indonesia yang tinggal di negara kepulauan," kata dia.
(Baca: Kominfo Siapkan Rp 75 Miliar untuk Dukung Pemilu 2019)
Sejalan dengan hal itu, ia mengundang investor untuk menanamkan modalnya di Indonesia. Terlebih lagi, Indonesia memiliki empat unicorn yang juga memberi dampak positif ke sektor lainnya. Hal ini ia sampaikan dalam Forum Regional Digital Leaders Panel – Accelerating ASEAN Digital Integration di Singapura, Selasa (15/01) lalu.
"Berdasarkan riset Google dan Temasek, Indonesia diprediksi akan mempunyai market size ekonomi digital yang mencapai US$ 100 miliar pad 2025. Sekarang adalah waktunya untuk datang ke Indonesia," kata Ismail.