Satelit Nusantara Satu Diluncurkan dengan Roket Falcon 9 Milik SpaceX

Michael Reily
23 Januari 2019, 15:33
Internet desa
Donang Wahyu|KATADATA
Seorang pria menunjukan koneksi internet menggunakan sarana Wifi yang hadir hingga di tengah jalan desa yang di kelilingi persawahan di desa Melung, kecamatan Kedung Banteng, Banyumas, Jawa Tengah.

PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN) bakal meluncurkan Satelit Nusantara Satu pada Februari 2019. Satelit senilai US$ 230 juta atau sekitar Rp 3,26 triliun ini akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan internet di daerah terpencil.

Direktur Utama PSN Adi Rahman Adiwoso menyatakan peluncuran satelit akan dilakukan dengan menggandeng SpaceX, perusahaan transportasi luar angkasa milik pengusaha global Elon Musk. "Rencananya, satelit akan meluncur dari Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat dengan menggunakan roket Falcon 9 milik SpaceX," kata Rahman di Jakarta, Rabu (23/1).

Advertisement

Selain Satelit Nusantara Satu, roket Falcon 9 juga akan mengangkut satelit milik pemerintah Amerika Serikat serta kapal luar angkasa milik Israel yang akan mengarah ke bulan. Sehingga, biaya peluncuran bisa lebih murah.

Nantinya, Satelit Nusantara Satu yang berkapasitas 15 gigabit per detik bakal mengisisi posisi orbit di titik 146 derajat bujur timur. Satelit buatan Space System Loral milik AS ini diperkirakan mampu bertahan hingga usia 20 tahun.

(Baca: Dua Penghambat Pembangunan Palapa Ring di Indonesia Timur)

Rahman menyatakan, kapasitas satelit bisa memenuhi kebutuhan internet 70% masyarakat di daerah terpencil serta beberapa mitra komersial. "Jika semua sesuai jadwal, tanggal 1 April nanti satelit sudah bisa operasional," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement