Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno Akan Hadiri Debat Kedua Pilpres

Dimas Jarot Bayu
26 Januari 2019, 09:29
Debat Capres
Antara Foto/ Sigid Kurniawan
Ketua KPU Arief Budiman (tengah) bersama pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo (kedua kiri) dan Ma'ruf Amin (kiri) serta pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto (kedua kanan) dan Sandiaga Uno (kanan) bersiap mengikuti debat pertama Pilpres 2019, di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1/2019). Debat tersebut mengangkat tema Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme.

Debat kedua Pilpres 2019 hanya akan menampilkan para calon presiden dalam Pilpres 2019, yakni Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Meski demikian, Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan tetap mengundang Calon Wakil Presiden (Cawapres) Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno dalam Debat Pilpres 2019 putaran kedua.

Ketua KPU Arief Budiman mengatakan, KPU akan menyiapkan tempat untuk Ma'ruf dan Sandiaga ketika debat berlangsung. Komisi bakal mendampingi kedua cawapres tersebut. "KPU tentu sangat berharap capres dan cawapresnya hadir," kata Arief di kantornya, Jakarta, Jumat (25/1) malam.

Direktur Program Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, Aria Bima memastikan Ma'ruf akan menghadiri debat kedua Pilpres 2019. Menurut Aria, kepastian itu muncul lantaran KPU sudah menyatakan akan mengundang Ma'ruf.

Bahkan, KPU sudah menyiapkan kursi dan keprotokoleran untuk mantan Rais A'am PBNU tersebut. "Kalau tadi KPU sudah memutuskan bahwa pada saat debat capres, cawapresnya diundang, maka Pak Ma'ruf Amin akan datang," kata Aria.

(Baca: KPU Rancang Satu Segmen Khusus Tanpa Durasi Spesifik dalam Debat Kedua)

Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga, Priyo Budi Santoso juga mengatakan Sandiaga akan menghadiri debat kedua. Menurut Priyo, Sandiaga bakal hadir bersama tokoh-tokoh di barisan pendukung Prabowo yang diundang oleh KPU. "Cawapres kami, Sandiaga Salahuddin Uno hadir bersama-sama dengan tokoh-tokoh di sini," kata Priyo.

Debat kedua Pilpres 2019 rencananya akan diselenggarakan pada 17 Februari 2019. Debat antarcalon presiden ini akan mengusung tema energi dan pangan, sumber daya alam (SDA) dan lingkungan hidup, serta infrastruktur.

Debat ini akan diselenggarakan oleh stasiun televisi RCTI, GTV, MNC TV, dan iNews TV. Debat tersebut dimoderatori oleh Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki.

(Baca: Delapan Panelis Debat Kedua Berlatar Akademisi dan Aktivis)

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...