Jokowi Imbau Petani Udang Incar Peluang Pasar Domestik dan Global

Hari Widowati
30 Januari 2019, 14:34
Presiden Joko Widodo panen udang di Muara Gembong, Bekasi
ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY
Presiden Joko Widodo (tengah) memanen udang di Muara Gembong, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (30/1/2019). Dalam kunjungan kerja tersebut Presiden turut melakukan panen raya udang, meninjau program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar), serta meninjau warga penerima program elektrifikasi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau petani memanfaatkan permintaan udang yang besar dari pasar domestik maupun internasional sebagai peluang yang harus digarap. Menurutnya, permintaan udang datang hampir dari seluruh negara di dunia.

"Kita tidak boleh membiarkan petani rugi kemudian semuanya kapok dan enggak berani memelihara udang. Permintaan udang besar sekali," kata Jokowi ketika mengikuti panen udang di Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu (30/1).

Advertisement

Pengembangan udang di Muara Gembong dimulai pada November 2017 dengan menebar benih untuk memperbaiki lingkungan. Para petani udang di Muara Gembong sempat gagal panen pada Februari 2018 karena virus yang menyerang udang vanamae.

Pada panen kedua, didapatkan hasil sebesar dua ton sedangkan pada panen ketiga saat ini diperkirakan sekitar lima ton. "Untuk awal, ini untuk pasar dalam negeri tapi nanti untuk memenuhi permintaan ekspor, hampir semua negara minta," ujarnya.

Gagal panen pertama menjadi proses pembelajaran bagi para petani bahwa budidaya udang vanamae tidak mudah karena harus memperhatikan kondisi lingkungan, suhu, dan oksigen. Dengan bimbingan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan terhadap kelompok-kelompok petani di Muara Gembong, mereka bisa mengelola tambak udangnya dengan lebih baik.

"Justru proses seperti ini penting. Jangan dulu empat bulan saya suruh nengok ke sini, wah langsung semuanya kaya-raya. Semua pasti butuh proses, kerja keras," katanya.

(Baca: Meningkat 8%, Ekspor Produk Perikanan 2018 Diprediksi Rp 68,9 Triliun)

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement