Tokopedia dan Bukalapak Jadi Situs Belanja Paling Ramai di Akhir 2018

Desy Setyowati
31 Januari 2019, 09:16
Tokopedia
Dok: Tokopedia

Tokopedia dan Bukalapak masih mendominasi posisi teratas dalam hal kunjungan ke situs selama 2018. Kolaborasi perusahaan dengan financial technology (fintech) untuk menyediakan fitur pembayaran yang lebih inovatif terbukti menarik pengguna.

Jumlah kunjungan ke situs Tokopedia mencapai 168 juta pada Kuartal IV-2018. "Jumlah kunjungan ke situs Tokopedia meningkat hampir 10% dari kuartal sebelumnya," ujar Head of Content Marketing iPrice Andrew Prasatya dalam siaran pers, kemarin (30/1).

Sejak Kuartal II-2018, jumlah kunjungan ke situs e-commerce unicorn Indonesia ini selalu menjadi yang teratas. Adapun unicorn adalah sebutan bagi startup bervaluasi lebih dari US$ 1 miliar.

Menurut Andrew, ada dua hal yang membuat Tokopedia semakin diminati. Pertama, kerja samanya dengan OVO pada akhir Oktober 2018, memberikan kemudahan bagi pengguna dalam bertransaksi. Kedua, Tokopedia memeroleh tambahan modal US$ 1,1miliar dari SoftBank pada akhir 2018.

(Baca: Tokopedia Gandeng Pegadaian untuk Investasi Emas Minimal Rp 500)

Posisi kedua dengan jumlah kunjungan terbanyak juga ditempati oleh unicorn Indonesia, Bukalapak. Pada Kuartal IV-2018, jumlah kunjungan ke situsnya mencapai 116 juta atau naik 20 juta dibanding kuartal sebelumnya. Bukalapak menduduki posisi kedua sejak Kuartal II-2018.

Sama seperti Tokopedia, Bukalapak juga menggandeng fintech pembayaran DANA pada akhir September 2018. DANA adalah aplikasi uang elektronik DANA besutan PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek) dan Ant Financial (Alipay).

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...