Facebook Tutup 800 Akun Terkait Sindikat Berita Palsu

Pingit Aria
1 Februari 2019, 14:26
Kantor Facebook
123RF.com

Facebook telah menghapus ratusan akun, grup, serta halaman (page) yang menyebarkan berita palsu di Indonesia. Secara keseluruhan, ada 207 halaman, 800 akun Facebook, 546 grup dan 208 akun Instagram yang dihapus, termasuk akun milik Permadi Arya alias Abu Janda.

“Seluruh halaman, akun, dan grup ini memiliki hubungan dengan Saracen, grup sindikasi online di Indonesia," kata Nathaniel Gleicher, Head of Cybersecurity Policy lewat keterangan resminya, Jumat (2/1).

Saracen sendiri adalah kelompok yang menggunakan ribuan akun media sosial untuk menyebar kebencian melalui berbagai berita palsu atau hoaks.

(Baca: Instagram Down, Pengguna Ramaikan Twitter)

"Penyalahgunaan platform yang dilakukan oleh Saracen dengan memakai akun yang tidak otentik adalah pelanggaran terhadap kebijakan kami, dan karena itulah kami menghapus seluruh jaringan organisasi tersebut dari platform," lanjutnya.

Dikutip dari Newsroom Facebook, seluruh halaman, akun dan grup tersebut dihapus karena pola dan perilaku mereka, bukan semata karena konten yang diposting melalui akunnya. 

Facebook menyebut beberapa contoh halaman dan grup yang dihapus, adalah: Permadi Arya (halaman) Kata Warga (halaman) Darknet ID (halaman) berita hari ini (Grup) ac milan indo (Grup).

(Baca: Naik 12%, Ada 281 Ribu Pengguna Domain .id pada 2018)

Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...