JP Morgan Sarankan Apple Beli Netflix

Desy Setyowati
6 Februari 2019, 18:09
iphone apple
Arief Kamaludin|KATADATA

JP Morgan menganjurkan Apple Inc membeli Netflix untuk memperkuat kinerjanya. Sebelumnya, Apple mengoreksi target penjualannya pada kuartal akhir di 2018.

Analis JP Morgan Samik Chatterjee mengatakan, Apple memiliki kas senilai US$ 250 miliar. Dana ini menurutnya bisa digunakan untuk membeli Netflix, perusahaan di bidang layanan video streaming (video on demand/VoD).

Menurutnya, Netflix memiliki strategi yang baik untuk memimpin sektor streaming. "Menurut kami, Netflix adalah strategi terbaik (bagi Apple)," ujar dia dikutip dari CNBC, Senin (4/2) lalu.

Ia menghitung, jika Apple membeli 20% saham Netflix saja, nilainya diperkirakan mencapai US$ 189 miliar. Saat ini, nilai pasar Netflix diperkirakan sebesar US$ 148 miliar dan memiliki utang bersih US$ 7 miliar.

(Baca: Menperin Sebut Apple hingga Coca-Cola Berkomitmen Tambah Investasi)

Menurut dia, Netflix menyuguhkan konten original yang tidak terdapat di platform agregator lainnya. "Kami percaya ada nilai untuk mendapatkan pemain paling sukses di bidang ini, yang sulit untuk ditiru oleh pemain yang lebih kecil di pasar," ujarnya.

Alhasil, menurutnya Apple bisa menjadi agregator konten video, bila membeli Netflix. Selain itu, menurutnya, model berlangganan Netflix cocok dengan model pendapatan layanan Apple. Apalagi, Apple dinilai lebih mudah membeli Netflix ketimbang perusahaan sejenis, yakni Hulu dan Amazon Prime.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...