Pembatasan Pesan Terusan WhatsApp Baru Berlaku untuk Android

Michael Reily
28 Januari 2019, 16:43
Pembatasan Pesan Terusan WhatsApp Baru Berlaku untuk Android
PXHERE.COM

Pembatasan lima kali pesan terusan WhatsApp di Indonesia baru berlaku untuk ponsel pintar yang memiliki operation system (OS) Android. Pengguna ponsel pintar bersistem iOs milik Apple masih dapat meneruskan pesan lebih dari lima kali.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara tak terlalu khawatir dengan hal itu. "Untuk Android dulu, iOs saya belum tahu kapan, tetapi Indonesia kan pasarnya Android," kata Rudiantara di Jakarta, Senin (28/1).

Menurutnya, pemerintah terus melakukan komunikasi untuk pembatasan pesan terusan kepada pihak WhatsApp. Tujuan dari keputusan adalah meminimalkan penyalahgunaan WhatsApp untuk penyebaran hoaks.

Menurut Rudiantara, meredam hoaks merupakan langkah seperti kejar-kejaran antara kucing dan tikus. Alasannya, pengguna yang ingin menyebarkan hoaks pasti menemukan cara lain untuk mengakali langkah pembatasan hoaks.

(Baca: Mulai Besok, WhatsApp Batasi Pesan Terusan Hanya Lima Kali)

Apalagi, teknologi terus berkembang sehingga cara alternatif untuk penyebaran hoaks bakal terus terbaharui. "Itu memang tidak pernah berhenti," ujar Rudiantara.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...