Pengguna Tumbuh 10 Kali Lipat, Traveloka Perluas Layanan Cicilan

Penulis: Desy Setyowati

Editor: Pingit Aria

6/2/2019, 16.01 WIB

Fitur PayLater Traveloka kini mencakup pembelian produk gaya hidup seperti, Aktivitas & Rekreasi, Tiket Bioskop, Kuliner, serta Spa & Kecantikan.

Traveloka
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Chief Marketing Officer Traveloka Dannis Muhammad (kanan) bersama Chief Executive Officer Futbal Momentum Asia (FMA) David Khim melakukan sesi foto usai memberikan keterangan kepada wartawan di Jakarta, Kamis (1/3).

Sejak diluncurkan pada Mei 2018, pengguna PayLater di Traveloka tumbuh 10 kali lipat. Sejalan dengan hal itu, Traveloka menambah layanan atau jenis produk yang dapat dibeli dengan fasilitas cicilan tersebut.

Mulanya, Traveloka PayLater bisa digunakan untuk membeli tiket transportasi dan akomodasi. Kini, layanan tersebut bisa dipakai untuk pembelian produk gaya hidup seperti, Aktivitas & Rekreasi, Tiket Bioskop, Kuliner, serta Spa & Kecantikan.

Namun, nilai transaksinya minimal Rp 50 ribu bila ingin menggunakan layanan PayLater di Traveloka. "Kami berusaha untuk terus melanjutkan komitmen kami dalam melengkapi pengalaman pengguna," ujar Senior Vice President Financial Products Traveloka Alvin Kumarga.

Ia menjelaskan, perluasan layanan Traveloka PayLater berawal dari respons dan minat yang tinggi dari penggguna. "Pengguna (sekarang ini) tidak hanya pergi berlibur saja, tetapi pengalaman akan semakin lengkap dengan menikmati produk penunjang gaya hidup lainnya," katanya.

(Baca: Unicorn Dikuasai Asing, Rudiantara: Untungnya Tetap untuk Indonesia)

Tak hanya memperluas layanan, Traveloka PayLater juga mempercepat proses pembayaran menjadi kisaran 10 menit. Berbeda dengan kartu kredit, Traveloka tidak menetapkan batasan minimal penghasilan untuk pengguna PayLater. Artinya, siapa saja bisa merasakan kemudahan menggunakan Traveloka PayLater.

Alvin berharap, Traveloka PayLater bisa memberikan fleksibilitas dalam hal keuangan. Alhasil, pengguna tetap bisa membeli produk tanpa harus membayar dan bisa mencicil biaya hingga 12 kali.

Para pengguna Traveloka hanya perlu mengisi formulir aplikasi dan mengunggah foto Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan satu dokumen tambahan, seperti Surat Izin Mengemudi (SIM), Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) atau Kartu Keluarga (KK).

Dengan mengunggah dokumen tambahan seperti Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak atau slip gaji, pengguna dapat memperoleh batas pembelian produk dan layanan hingga Rp 10 juta.

(Baca: Traveloka Buka Fasilitas Riset dan Teknologi di India)

Adapun, Traveloka merilis layanan PayLater bekerja sama dengan financial technology (fintech) pinjam-meminjam PT Pasar Dana Pinjaman atau Danamas.

Traveloka sendiri telah bekerja sama dengan lebih dari 100 maskapai low-cost dan full service untuk rute domestik dan internasional. Traveloka menghadirkan lebih dari 200 ribu rute di Asia Pasifik dan Eropa. Traveloka hadir di Indonesia, Thailand, Vietnam, Malaysia, Singapura dan Filipina.

Reporter: Desy Setyowati

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha