Transaksi Tak Terdeteksi Bikin Sektor Seni Kurang Menonjol

Dini Hariyanti
6 Februari 2019, 12:01
Mandiri Senggigi Sunset Jazz Festival
Donang Wahyu|KATADATA
Meski ombak pasang, penonton tetap setia menyaksikan artis-artis yang tampil di panggung.

Pelaku kesenian menyatakan, aktivitas ekonomi di bidang seni pertunjukan dan seni rupa tampak kurang bergeliat bukan disebabkan ketiadaan pasar. Pemantauan pemerintah terhadap perkembangan subsektor kreatif inilah yang minim.

Peneliti Koalisi Seni Indonesia Hafez Gumay mencontohkan, kolektor mancanegara yang berminat terhadap karya pelukis Indonesia biasanya langsung menghubungi seniman bersangkutan. Alhasil, negara tidak mengetahui transaksi di antara dua pihak seperti ini.

Advertisement

"Ketika negara tidak tahu transaksinya ada di mana dan kapan terjadi, maka sektor seni ini terlihat kecil. Gaung seni kecil karena pemerintah tidak tahu," katanya kepada Katadata.co.id, Rabu (6/2).

Selain itu, Indonesia juga tidak memiliki balai lelang untuk produk-produk seni rupa. Padahal, imbuh Hafez, tak sedikit seniman Tanah Air yang karyanya masuk ke sejumlah balai lelang internasional. (Baca juga: Gaet Pembeli Global, Seni Pertunjukan Butuh Infrastruktur Penunjang

Tak hanya seni rupa, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) juga memasukkan seni pertunjukan sebagai satu dari 16 subsektor ekonomi kreatif (ekraf) nasional yang dinaunginya. Koalisi Seni Indonesia menyatakan, aktivitas ekonomi di bidang ini memang terbilang minim.

"Kalau konteks seni pertunjukan hanya teater dan tari memang bisa industrinya lemah. Tapi kalau mencakup musik, potensinya (secara ekonomi) ya hitung saja jumlah pertunjukan musik dalam resepsi perkawinan," ujar Hafez.

Pada 2016, produk domestik bruto (PDB) ekraf senilai Rp 922,59 triliun. Kontribusi subsektor seni pertunjukan baru 0,27 persen sedangkan seni rupa 0,22 persen. Dua bidang ini tidak termasuk dalam subsektor unggulan industri kreatif nasional.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement