Tanpa Kisi-kisi, Jokowi dan Prabowo Akan Tampil Otentik di Debat Kedua

Dimas Jarot Bayu
14 Februari 2019, 06:53
Debat Capres I 2019
Arief Kamaludin | Katadata
Calon presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto diprediksi akan tampil otentik di Debat Capres putaran kedua. Debat tersebut mengambil tema energi, pangan, sumber daya alam, lingkungan, dan infrastruktur.

Kedua calon presiden, Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto diprediksi tampil lebih otentik dalam Debat Pilpres 2019 putaran kedua. Sebab, debat yang akan diselenggarakan pada 17 Februari 2019 tersebut tanpa menggunakan kisi-kisi pertanyaan.

Ini berbeda dengan debat putaran pertama di mana Komisi Pemilihan Umum (KPU) memberikan bocoran jawaban kepada para kandidat. "Kita bisa melihat calon-calon yang lebih otentik, yang lebih asli. Kemarin kan dapat kisi-kisi," kata Pendiri lembaga survei Kedai KOPI, Hendri Satrio di Jakarta, Rabu (13/2).

Advertisement

Menurut Hendri, otentisitas dari para calon presiden ini akan terlihat dalam substansi jawaban mereka terkait tema debat. Dalam debat kedua, tema-tema yang diangkat adalah yakni pangan, energi, lingkungan, sumber daya alam (SDA), dan infrastruktur.

Otentisitas itu pun dapat terlihat ketika para calon presiden tak mampu menjawab pertanyaan debat. "Pura-pura tahu itu salah juga. Kalau jawab enggak tahu, cara jawab enggak tahu itu juga menurut saya perlu tepat," kata Hendri.

(Baca: Timses: Posisi Jokowi Bakal Lebih Sulit di Debat Pilpres Putaran Kedua)

Debat Substantif

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement