Jokowi Sebut Tampil Tanpa Simulasi, Prabowo Dapat Pesan dari SBY

Ameidyo Daud Nasution
Oleh Ameidyo Daud Nasution - Dimas Jarot Bayu
17 Februari 2019, 20:09
Jokowi Hadir di Lokasi
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Joko Widodo (kiri) bersama Ibu Iriana Joko Widodo tiba di lokasi debat di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019). Jokowi menyatakan tak melakukan simulasi debat.

Presiden petahana Joko Widodo mengatakan tak ada persiapan khusus atau simulasi dalam menjalani Debat Capres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2). Menjelang debat, kegiatan Jokowi  seperti biasanya di akhir pekan yakni jogging, makan siang bersama keluarga, hingga tidur sejenak.

"Simulasi, tidak ada," katanya.

Jokowi menyatakan siap memaparkan apa saja yang menjadi topik debat yakni energi, sumber daya alam, infrastruktur, pangan, dan lingkungan hidup. Menurutnya persoalan terkait sektor tersebut merupakan hal yang dihadapi setiap hari sebagai presiden. "Ini keseharian yang dikerjakan, tinggal diceritakan," kata Jokowi.

(Baca juga: Jelang Debat II, Sentimen Jokowi vs Prabowo di Media Sosial Berimbang)

Jokowi memahami apabila ada kekurangan dalam pelaksanaan programnya. Namun hal tersebut akan menjadi masukan apabila dilontarkan oleh lawannya yakni Prabowo Subianto dalam debat nanti."Tidak semua yang dikerjakan itu sempurna, biasa saja," kata dia.

Bila Jokowi tak melakukan debat, penantangnya calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto mendapat pesan khusus dari Presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), yang menjadi mentor Prabowo untuk debat ini. SBY meminta agar Prabowo tetap berpolitik secara santun dan beradab.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu, Ameidyo Daud Nasution
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...