Gojek Targetkan 35 Ribu UMKM Ikut Program Wirausaha

Cindy Mutia Annur
20 Februari 2019, 19:19
Pengemudi Gojek yang memanfaatkan akses kemudahan keuangan
Katadata

Gojek meluncurkan program pelatihan berbisnis bagi para pengusaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lewat Gojek Wirausaha. Targetnya, 35 ribu pelaku usaha UMKM di 25 kota di Indonesia dapat berpartisipasi dalam program ini serta meningkatkan skala bisnisnya.

Chief Commercial Expansion Gojek Catherine Hindra Sutjahyo berharap program ini dapat membantu pelaku UMKM yang kerap menghadapi tantangan dalam perihal keterbatasan akses pasar, teknologi, dan skill.  

“Lewat pelatihan ini, Gojek menyediakan paket lengkap baik bagi UMKM, yakni akses pasar yang lebih luas dengan masuk ke ekosistem Gojek, akses ke teknologi melalui platform Gojek, sekaligus akses ke peningkatan kemampuan dan pengetahuan dengan pelatihan dan modul,” ujar Catherine melalui siaran pers, Rabu (20/2).

Lebih lanjut Catherine mengatakan, lewat layanan GoFood dan GoPay, UMKM yang tergabung dalam ekosistem Gojek dapat terhubung secara langsung dengan ratusan juta pelanggan Gojek.

(Baca: Grab Uji Coba Layanan Bajaj di DKI Jakarta)

Hingga saat ini Gojek telah bermitra dengan lebih dari 400 ribu merchant di mana 80% di antaranya merupakan UMKM kuliner yang telah merasakan manfaat perluasan pasar secara langsung.

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia tahun 2018, 99% industri Indonesia ditopang oleh UMKM. Dengan total 62 juta unit yang tersebar di berbagai wilayah di nusantara, UMKM menjadi solusi dalam menciptakan banyak lapangan kerja.

VP Public Affairs Gojek Astrid Kusumawardhani menjelaskan, dalam menyusun program pelatihan Gojek Wirausaha, Gojek bekerja sama dengan pelatih yang ahli dalam bidang wirausaha, khususnya tentang cara mengelola usaha, tips dari UMKM yang sudah sukses, serta tips serta pemahaman wirausaha dari Gojek.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...