Minim Substansi, Jokowi dan Prabowo Tuai Kritik di Debat Kedua Capres

Dimas Jarot Bayu
21 Februari 2019, 19:35
Debat Capres II
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Kedua calon presiden dinilai belum menyentuh permasalahan yang menjadi tema debat kedua, yakni energi, pangan, SDA, lingkungan, dan infrastruktur.

Debat putaran kedua yang membahas energi, pangan, sumber daya alam, lingkungan hidup, dan infrastruktur dianggap hanya menyentuh permukaan masalah. Kedua calon presiden (capres) tidak masuk ke dalam substansi masalah yang ada di dalam lima tema tersebut.

Manajer Kampanye Keadilan Iklim Walhi Yuyun Harmono mencontohkan, hal itu terjadi ketika kedua kandidat membahas masalah reforma agraria. Ketika itu, capres nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) banyak membahas capaiannya membagi-bagikan sertifikat tanah selama empat tahun memerintah.

Padahal, kata Yuyun, reforma agraria tidak sekadar pembagian sertifikat. Reforma agraria harusnya membahas bagaimana mewujudkan keadilan hak atas tanah. Ini berkaitan pula dengan proses redistribusi lahan.

Sayangnya, calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto tidak mempermasalahkan itu. Prabowo malah menyebut pembagian sertifikat tanah hanya merupakan kebijakan untuk 1-2 generasi, namun tak cukup untuk jangka panjang.

"Ini menjauh dari persoalan. Harusnya tagih saja implementasinya berapa? Kenapa tidak sesuai target yang dijanjikan?" kata Yuyun.

(Baca: Jokowi Sebut Pembagian Sertifikat Lahan di 2018 Lampaui Target)

Tak Menjawab Tantangan Pangan

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...