Tanihub, Startup Pertanian yang Disebut Jokowi dalam Debat Capres

Desy Setyowati
21 Februari 2019, 07:00
Tanihub
Tanihub
Seorang petani cabai binaan Tanihub di ladangnya.

TaniHub merupakan startup pertanian yang disebut Joko Widodo dalam debat calon presiden (capres). Saat itu, Jokowi menjawab Prabowo Subianto soal sektor pertanian Indonesia pada era Industri 4.0.

“Saya meyakini bahwa kita akan menyongsong revolusi Industri 4.0 dengan optimis. Coba kita lihat, sekarang ini produk produk petani sudah masuk ke marketplace. TaniHub coba dilihat, TaniHub sudah memasarkan produk-produk petani dari produsen langsung ke konsumen sehingga harganya bisa di-cut,” kata Jokowi, Minggu 17 Februari 2019.

Pernyataan Jokowi itu rupanya membawa berkah bagi Tanihub. Ratusan orang mengunduh aplikasi itu setelah debat. "Jadi kemungkinan besar (petani yang bergabung) akan melebihi target awal kami," kata Co-Founder dan President TaniGroup Pamitra Wineka kepada Katadata, Selasa (19/2) malam.

Ia mengatakan, perusahaannya sudah menggandeng 20 ribu petani yang tergabung dalam 1.200 kelompok di Indonesia. Tahun ini, ia menargetkan jumlah petani yang bergabung bisa mencapai 30 ribu.

(Baca: Blunder Unicorn dan Lahan Jadi Kelemahan Prabowo Gaet Swing Voters)

Dengan peningkatan jumlah pengguna, transaksi di platform TaniHub juga naik signifikan. "Yang lanjut sampai transaksi itu karena mereka memahami misi kami dan ingin membantu petani lokal juga," kata dia.

Pamitra juga menegaskan bahwa sistem TaniHub aman dan bisa memproses semua pesanan. "Kami berharap semuanya berjalan lancar supaya semakin banyak orang yang bisa menikmati hasil jerih payah petani Indonesia," ujarnya.

Adapun TaniHub merupakan marketplace yang menghubungkan petani dengan konsumen, yang merupakan pelaku bisnis seperti restoran, catering, reseller, dan lainnya. Alhasil, TaniHub memotong rantai distribusi hasil panen, yang diharapkan bisa menjaga stabilitas harga. 

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...