Literasi Digital UMKM, Katalis Pertumbuhan Ekonomi

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
22 Februari 2019, 16:59
Launching Pendidikan Vokasi di Jawa Timur
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA

Kontribusi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia menunjukkan angka yang signifikan, yakni mencapai 60 persen  terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).

Namun, dari besarnya kontribusi UMKM tersebut, peran dan partisipasi perempuan di dalamnya hanya 9,1 persen. Padahal, jumlah perempuan wirausaha pada 2018 mencapai 14,3 juta orang dan diperkirakan bisa terus bertambah setiap tahunnya.

Advertisement

Belakangan muncul beberapa perusahaan yang memiliki inisiatif untuk mendorong kontribusi peran perempuan dalam ekonomi. Salah satunya adalah Go-Jek. Pada kuartal IV 2018, Go-Jek menggandeng Muslimat Nahdhatul Ulama (NU) untuk melaksanakan Go-Jek Wirausaha demi mendorong perempuan dalam UMKM.

Kerja sama ini diinisiasi sejak pertengahan November 2018 kepada anggota Muslimat NU di Jawa Barat dengan mengimplementasikan program pelatihan berbisnis yang diberikan oleh Go-Jek kepada pelaku industri UMKM dalam bentuk kelas tatap muka.

Go-Jek melihat kemampuan teknis dalam hal digital bisa menjadi katalis terhadap pertumbuhan bisnis yang signifikan. Karena itu, fokus dari program ini adalah mengajarkan pemanfaatan teknologi untuk bisnis kepada para perempuan dan ibu rumah tangga yang merupakan anggota Muslimat NU.

Menurut Go-Jek, pemahaman perempuan terhadap penggunaan digital platform, khususnya yang berada di luar kota besar, masih rendah. Proses literasi digital yang dilakukan juga cukup sulit dan banyak menghadapi kendala. Mulai dari akses terhadap internet, hingga kemauan belajar dan mengimplementasikannya.

“Ada beberapa ibu yang datang saat pelatihan. Tapi saat proses pengaplikasian bisnis, biasanya dilakukan orang lain yang lebih muda, yang lebih paham teknologi,” kata Public Affairs Senior Associate Go-Jek, Feryan Saputra.

Selain memberikan pelatihan dasar teknologi informasi, Go-Jek Wirausaha juga memfasilitasi para peserta menjadi mitra dengan memanfaatkan platform digital layanan Go-Jek, seperti Go-Food untuk perempuan yang berwirausaha di bidang kuliner serta Go-Send untuk peserta yang berusaha di bidang pengantaran barang.

“Kami juga mengajarkan ibu-ibu bagaimana berwirausaha dari awal. Mulai dari ide hingga ke akses modal dan pemanfaatan sumber daya yang sudah dimiliki Go-Jek,” ujar Feryan.

Halaman:
Reporter: Tim Publikasi Katadata
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement