Satelit Nusantara Satu Sukses Meluncur dengan Roket Falcon 9

Cindy Mutia Annur
22 Februari 2019, 19:23
Satelit Nusantara Satu
Katadata/Cindy Mutia
(dari kiri) Direktur Jaringan PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN) Heru Dwikartono, Direktur Keuangan PSN Ravi Talwar, General Manager of Marketing PSN Meidyanto A, Space System Group Head PSN Johanes Indri dalam konferensi pers peluncuran Satelit Nusantara Satu di Jakarta, Jumat (22/2).

Satelit Nusantara Satu telah meluncur dari Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat pada Kamis, 21 Februari 2018 pukul 20.45 waktu setempat atau Jumat pagi waktu Indonesia. Satelit milik PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN) ini diluncurkan dengan roket Falcon 9 dari Space-X.

Direktur Jaringan PSN Heru Dwikartono mengatakan, saat ini terdapat 25 ribu desa yang belum mendapatkan akses internet broadband.  Selanjutnya, dua satelit lain, yakni Nusantara Dua akan diluncurkan pada 2020 dan Nusantara Tiga 2022.

“Dengan satelit kami, diharapkan kita mampu memberikan layanan internet broadband ke seluruh daerah. Sehingga, mudah-mudahan kita bisa menjadi Swasembada Broadband," ujar Heru saat ditemui di kantor PSN, Kuningan, Jakarta, Jumat (22/2).

Butuh waktu sekitar dua minggu dari waktu peluncuran agar Satelit Nusantara Satu dapat mencapai slot orbit 146 derajat bujur timur (BT) tepat di atas Papua, Indonesia.

Setelah berhasil mencapai orbitntnya, PSN akan melakukan serangkaian uji coba terlebih dahulu untuk memastikan satelit tersebut dapat berfungsi dengan baik. Barulah satelit siap dimanfaatkan untuk kebutuhan internet di Indonesia.

(Baca: Satelit Nusantara Satu Diluncurkan dengan Roket Falcon 9 Milik SpaceX)

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...