Mandalika Jadi Tuan Rumah MotoGP, Kemenpar Targetkan 100 Ribu Turis

Image title
25 Februari 2019, 15:55
Jokowi Meresmikan KEK Mandalika
www.setkab.go.id
Presiden Jokowi meresmikan beroperasinya KEK Pariwisata Mandalika, di Pantai Kuta, Kab. Lombok Tengah, NTB, Jumat (20/10)

Indonesia akan menjadi tuan rumah ajang balap motor MotoGP pada 2021. Ajang tersebut akan digelar di Kawasan Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Sirkuit Mandalika dengan panjang lintasan 4,32 kilometer dan 18 tikungan pun akan dibangun pada Oktober 2019.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan perhelatan ini diharapkan dapat mendorong sektor pariwisata. “Ditargetkan kompetisi ini akan mendatangkan 100 ribu wisatawan mancanegara,” kata Arief Yahya seperti dikutip Antara, Kamis (21/2) lalu.

Advertisement

Untuk ajang ini, kata Arief, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) juga berencana akan memberikan dukungan terkait lisensi penyelenggaraan MotoGP di Mandalika.

(Baca: Kemenpar Target Kembangkan 7.000 Kamar Homestay Tahun Ini)

"Lisensi tersebut membutuhkan investasi sebesar €9 juta. Kemenpar akan memberikan bantuan sebesar €1 juta. Sisanya, kami mengharapkan kerja sama dari pemerintah daerah," kata Arief, dikutip dari situs resmi Kemenpar.

Sebelumnya, Mandalika sudah dipromosikan oleh Kementerian Pariwisata sebagai 10 destinasi “Bali Baru”. Dengan lahan seluas 1.035 hektare, Mandalika memiliki beberapa pantai.

Di antara pantai-pantai tersebut adalah Kuta Mandalika, Batu Payung, Serenting, Seger, Tanjung Aan, Gerupuk, Mawun, Selong Belanak, dan puluhan pantai lainnya yang mengeliling pulau Lombok. Selain itu, destinasi lainnya seperti Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air bahkan sudah diakui sebagai salah satu tempat snorkeling terindah di dunia.

Reporter: Rizka Gusti Anggraini
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement