Timses Klaim Prabowo-Sandi Masih Unggul di Jawa Barat

Dimas Jarot Bayu
25 Februari 2019, 21:55
Debat Capres I 2019
Arief Kamaludin | Katadata
Kubu paslon nomor 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin maupun paslon nomor 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno saling klaim unggul di Jawa Barat.

Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno membantah klaim dari Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin yang menyebut elektabilitas pasangan petahana itu unggul di Jawa Barat. Menurut survei internal BPN Prabowo, pasangan calon penantang dalam Pilpres 2019 tersebut masih unggul di Tanah Pasundan.

"Kami punya survei sendiri di Jawa Barat masih dikuasai oleh Prabowo-Sandi," kata Juru Bicara BPN Prabowo-Sandi, Pipin Sopian di Media Center Prabowo-Sandiaga, Jakarta, Senin (25/2).

Pipin menyebut klaim tersebut didasari karakteristik pemilih Jawa Barat yang loyal dan ideologis. Selain itu, pemilih Jawa Barat tergolong aktif.

Mereka tidak hanya memilih untuk dirinya sendiri namun juga aktif mengajak orang lain. "Jadi kami yakin datanya (milik TKN Jokowi-Ma'ruf) itu salah dan kami yakin (elektabilitas) Prabowo-Sandiaga memang meningkat, tidak ada penurunan," kata Pipin.

Meski demikian, Pipin menyebut pihaknya akan terus berkampanye di Jawa Barat. Hal tersebut ditujukan agar Prabowo-Sandiaga dapat unggul telak dari Jokowi-Ma'ruf di Jawa Barat. "Bagi kami, datanya menggembirakan," kata Pipin.

Jawa Barat merupakan kantong suara bagi Prabowo ketika Pilpres 2014. Perolehan suara Prabowo-Hatta Rajasa saat itu mencapai 14,2 juta suara. Sementara, Jokowi yang berpasangan dengan Jusuf Kalla hanya mendapat suara sebesar 9,5 juta suara.

(Baca: Kubu Jokowi Petakan Lima Wilayah Pertempuran Utama Lawan Prabowo)

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...