SBY Tak Ikut Kampanye, Demokrat Yakin Elektabilitas Tak Tergerus

Dimas Jarot Bayu
1 Maret 2019, 06:32
Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)
ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi
Ketua Umum DPP Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono saat sambutan Rapat Kerja Nasional di Hotel Lombok Raya, Mataram, NTB, Senin (8/5). \

Partai Demokrat meyakini elektabilitasnya tak akan tergerus walau Ketua Umumnya, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) absen dalam sisa waktu kampanye. SBY diketahui harus mendampingi istrinya, Ani Yudhoyono, menjalani pengobatan kanker darah di Singapura.

Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Hinca Pandjaitan menilai sosok Ketua Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Pemenangan Pemilu Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dapat mendongkrak elektabilitas. Pasalnya, AHY telah memiliki popularitas dan elektabilitas yang cukup dalam Pilkada DKI Jakarta 2017.

Saat ini, SBY telah memerintahkan AHY untuk memimpin kampanye Demokrat untuk Pemilu 2019. Hinca mengatakan, AHY akan menjadi ikon Demokrat hingga masa kampanye berakhir.

"Kami percaya kekuatan yang kami miliki bersama dengan Mas AHY bisa mengangkat suara Demokrat," kata Hinca di DPP Demokrat, Jakarta, Kamis (28/2).

Lebih lanjut, Hinca menyebut komunikasi dengan SBY masih terus dilakukan secara intensif. Meski SBY secara fisik tak bisa terlibat dalam kampanye, Presiden keenam RI itu tetap akan menyalurkan ide, pikiran, dan gagasannya.

"Komunikasi kami dengan Pak SBY tetap. Saya sekali dua kali bertemu beliau dan teman-teman ini gantian untuk mendapatkan intruksi dan masukan," kata Hinca.

(Baca: SBY Absen, AHY Pimpin Kampanye Partai Demokrat di Pemilu 2019)

Tak hanya itu, Hinca mengatakan para kader dan caleg Demokrat juga akan tetap bekerja memenangkan Pemilu 2019. Bahkan, intensitas dan efektivitas mereka untuk kampanye Pemilu 2019 akan ditingkatkan.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...