AirAsia Jelaskan Alasan Penarikan Tiket dari Traveloka

Pingit Aria
5 Maret 2019, 06:39
AirAsia
Youtube

AirAsia telah mengambil keputusan untuk menarik penjualan tiketnya secara permanen dari online travel agent Traveloka. Penarikan ini meliputi seluruh rute penerbangan di semua jaringan AirAsia.

Penarikan tiket AirAsia tidak hanya berimbas pada penjualan di Indonesia, melainkan berdampak ke lima negara lain di mana Traveloka beroperasi. Lima negara tersebut ialah Malaysia, Thailand, Filipina, India dan Jepang.

Keputusan ini didasari hilangnya tiket AirAsia secara misterius di Traveloka untuk kedua kalinya dalam dua minggu terakhir. “Oleh karena itu, sebagai bentuk solidaritas, AirAsia secara grup menarik penjualan seluruh tiket AirAsia dari Traveloka efektif mulai saat ini,” kata Direktur Utama AirAsia Indonesia Dendy Kurniawan, dalam siaran pers, Senin (4/3).

Dendy mengatakan, hilangnya penerbangan maskapainya mencederai kerja sama antara AirAsia dan Traveloka. “Pihak Traveloka seperti tidak menunjukkan itikad baik. Traveloka menolak memberikan penjelasan resmi meskipun sebelumnya kami telah beberapa kali mencoba meminta klarifikasi,” katanya.

(Baca juga: AirAsia Hentikan Kerja Sama Penjualan, Traveloka Minta Berdialog)

Menurutnya, peniadaan beberapa penerbangan AirAsia Indonesia oleh Traveloka menunjukkan dengan jelas sikap diskriminatif dan berat sebelah. “Kami mengamati pesan-pesan di media sosial yang disampaikan pelanggan tentang ketidaktersediaan tiket AirAsia justru direspons dengan rekomendasi dari Traveloka untuk memesan tiket maskapai lain.”

Traveler yang ingin membeli tiket AirAsia diimbau agar memesan langsung melalui situs airasia.com atau aplikasi mobile AirAsia. “Situs airasia.com dan aplikasi mobile AirAsia merupakan pilihan yang lebih baik di mana traveler dapat memesan tiket langsung dari kami di harga yang paling murah, mendapatkan jatah bagasi 15 kilogram untuk penerbangan domestik di Indonesia, serta mendapatkan promosi diskon hotel.”

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...