Bekraf Targetkan Transaksi Gim di Pameran Amerika Capai Rp 420 Miliar

Michael Reily
5 Maret 2019, 19:04
Bekraf
Bekraf
Penandatanganan kerja sama Bekraf dengan pemerintah daerah di Bali, Rabu (8/11).

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) kembali ikut serta dalam pertemuan industri gim, Game Connection di San Fransisco, Amerika Serikat (AS) pada 18-22 Maret nanti. Kali ini, Bekraf menargetkan transaksi atas produk gim lewat ajang ini mencapai US$ 30 juta atau sekitar Rp 420 miliar.

Pada tahun lalu, transaksi yang dihasilkan lewat ajang tersebut mencapai US$ 15 juta. "Asosiasi game meminta kami untuk ikut serta lagi. Mereka menargetkan (transaksi mencapai) US$ 30 juta," ujar Wakil Kepala Bekraf Ricky Pesik di Jakarta, Selasa (5/3).

Advertisement

Untuk mencapai target tersebut, Bekraf bakal menampilkan produk gim buatan Indonesia dalam satu wadah khusus di ajang tersebut. "Kami siapkan paviliun Indonesia yang besar untuk menarik investor," kata dia. Sementara pemasarannya menjadi tanggungan para peserta.

(Baca: Rilis Edisi Terbaru, Ragnarok Kolaborasi dengan Gim Lain)

Game Connection 2018 merupakan salah satu perhelatan gim internasional terbesar di dunia, yang telah berlangsung selama 13 tahun. Selain sebagai ajang pameran produk gim, acara ini mempertemukan para praktisi mulai dari developer, publisher, investor, hingga media di seluruh dunia.

Indonesia sendiri baru mengikuti ajang tersebut pada 2018 lalu. Menurut Ricky, keikutsertaan Indonesia dalam Game Connection lebih efektif untuk meningkatkan penjualan dibanding Tokyo Game Show. Sebab, Game Connection bersifat business to business (BtoB). Sedangkan Tokyo Game Show bersifat business to costumer (BtoC).

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement