Rilis Edisi Terbaru, Ragnarok Kolaborasi dengan Gim Lain

Penulis: Dini Hariyanti

1/2/2019, 18.02 WIB

"Dawn Break X Ragnarok Online Collaboration" hasil duet antara Gravity dan Auer Media & Entertainment asal Taiwan.

Prototipe Senapan Berbasis Android
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Ilustrasi ponsel pintar.

Perusahaan penerbit gim daring bermarkas di Korea Selatan (Korsel), Gravity, meluncurkan permainan ponsel berjudul "Dawn Break X Ragnarok Online Collaboration". Gim laga berkonsep role playing (role playing game / RPG) ini dikembangkan Auer Media & Entertainment asal Taiwan.

Kolaborasi Gravity dan Auer bagian dari upaya kedua perusahaan untuk menjangkau konsumen global secara lebih luas. "Kami harap pemain di seluruh dunia berkesempatan menikmati permainan ini," tulis Auer Media & Entertainment dalam siaran pers yang diterima Katadata.co.id, Jumat (1/2).

(Baca juga: Piala Presiden E-Sports 2019 Terbatas untuk Gim Mobile Legends

Gamers lokal bisa menikmati gim ponsel genre third-person action RPG tersebut. "Dawn Break X Ragnarok Online Collaboration" menggabungkan gim Dawn Break dengan Ragnarok Online. Peluncuran perdana berlangsung di Korea Selatan pada 29 Januari 2019.

Gravity selaku operator mengklaim bahwa "Dawn Break X Ragnarok Online Collaboration" memiliki beberapa unsur yang lebih seru daripada Ragnarok Online. Gim ini menawarkan stage, boss monster, dan grafis bernuansa kota Prontera di Ragnarok Online.

Selain itu, karakter dua dimensi Ragnarok Online akan tampil menjadi sosok proporsional dalam bentuk tiga dimensi untuk pertama kali. Gravity menyebut ini bakal memberi pengalaman baru bagi para pemain. (Baca juga: Pengembang Gim Agate Bidik Pasar BUMN)

Ragnarok Online sendiri rilis sejak 2002, kini termasuk permainan terpopuler di Korea Selatan, Jepang, dan Asia Tenggara. Sejumlah judul Ragnarok yang sudah rilis, salah satunya "Ragnarok M: Eternal Love".

Adapun, Gravity beroperasi sejak April 2000 dan sempat menjadi satu-satunya perusahaan gim lokal yang terdaftar dalam NASDAQ, yakni salah satu bursa saham terbesar di dunia. Perusahaan sebelumnya mengumumkan kerja sama dengan perusahaan gim lokal untuk mengoperasikan seluruh judul Ragnarok di Asia Tenggara termasuk Indonesia. 

Perusahaan patungan dengan PT Lyto Datarindo Fortuna tersebut bernama Gravity Game Link. (Baca juga: Distributor Gim Lokal Pegang Lisensi Ragnarok untuk Asia Tenggara)

CEO PT Lyto Datarindo Fortuna Andi Suryanto menuturkan bahwa Ragnarok adalah pionir gim daring di Tanah Air sejak 15 tahun lalu. "Gravity Game Link akan menjadikan Ragnarok sebagai gim tersukses di Indonesia maupun Asia Tenggara," ujarnya.

 

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha