Jaga Ketahanan Pangan, Bulog Resmikan 2 Gudang Baru di Jawa Tengah

Image title
5 Maret 2019, 20:03
Persediaan Beras di Gudang Bulog
Antara Foto / Rony Muharrman
ilustrasi gudang Bulog

Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) meresmikan dua gedung baru di Jawa Tengah. Gudang pertama berada di komplek Pergudangan Bumirejo, Kabupaten Pati. Sedangkan, gudang kedua di komplek Pergudangan Klahang, Sokaraja, Kabupaten Banyumas.

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso mengatakan keberadaan dua gudang baru tersebut sejalan dengan komitmen perusahaannya dalam menjaga ketahanan pangan nasional. Kemudian pengembangan infrastruktur pascapanen, terutama untuk komoditas padi, jagung, dan kedelai (Pajale).

(Baca: Bulog Tambah Gudang Baru di Sulawesi Tenggara)

Penentuan lokasi gudang di kompleks pergudangan menjadi mempertimbangkan dalam aspek strategis dan ekonomis. “Lokasinya dekat dengan lahan persawahan petani serta akses jalan masyarakat umum,” kata Budi Waseso melalui keterangan tertulisnya, Selasa (5/3).

Menurutnya, penambahan gudang baru ini sangat penting untuk menjaga ketersediaan, keterjangkauan dan stabilisasi pangan, sekaligus sebagai langkah antisipasi gejolak harga. Apalagi kedua lokasi gudang tersebut merupakan pusat produksi beras dan kedelai terbesar di antara kabupaten-kabupaten sekelilingnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...