Pidato AHY Dinilai Buka Peluang Demokrat untuk Dekati Jokowi

Ameidyo Daud Nasution
5 Maret 2019, 11:56
Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)
ANTARA FOTO/ANIS EFIZUDIN
Ketua Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Pemenangan Pemilu Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) merekomendasikan agar presiden terpilih pada Pilpres 2019 memacu pertumbuhan ekonomi hingga 6%.

Partai Demokrat telah menyatakan dukungan ke calon presiden Prabowo Subianto. Namun, pidato politik Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) akhir pekan lalu dianggap membuka ruang bagi partai yang didirikan oleh Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu untuk mendekati kubu Joko Widodo (Jokowi).

Strategi AHY sebagai Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat yang tidak menyinggung nama kedua calon presiden itu dianggap memberi independensi Demokrat untuk bertahan di pemilihan legislatif.

Advertisement

Analis Politik Exposit Strategic Arif Susanto juga menambahkan, gestur AHY juga dilakukan untuk memberi posisi tawar bagi politisi muda. Apalagi saat ini panggung politik masih banyak dikuasai oleh politisi senior. "Ini membuka ruang bagi Demokrat melakukan manuver politik," kata Arif kepada Katadata, Senin (4/3).

(Baca: Demokrat Gelar Rapat Bahas Nasib Andi Arief )

Menurutnya, langkah Demokrat ini wajar untuk memperoleh kursi lebih banyak di legislatif. "Ini memberi independensi relatif baik bagi Partai Demokrat untuk bertahan di ambang batas parlemen 4%," kata Arif.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement