Survei: Jokowi Unggul di Muslim Moderat, Prabowo di Konservartif

Dimas Jarot Bayu
5 Maret 2019, 16:25
Persiapan Debat Pertama Pilpres 2019
KATADATA/AMEIDYO DAUD
Pilpres 2019

Pasangan calon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin unggul di segmen pemilih muslim yang menginginkan Indonesia khas Pancasila atau moderat. Sementara, pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno unggul di segmen pemilih muslim yang ingin Indonesia seperti dunia Timur Tengah atau konservatif.

Berdasarkan data hasil sigi Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, elektabilitas Jokowi-Ma'ruf di segmen pemilih muslim yang ingin Indonesia khas Pancasila sebesar 57,2%. Sementara, elektabilitas Prabowo-Sandiaga di segmen tersebut hanya 33,4%. 
Adapun, suara tidak sah sebesar 0,4% dan responden yang belum menentukan pilihan sebesar 9%.

Kondisi yang sama terjadi pada segmen pemilih muslim yang ingin Indonesia seperti dunia Barat. Elektabilitas Jokowi-Ma'ruf di segmen tersebut sebesar 58,3%. Sedangkan perolehan suara Prabowo-Sandiaga di segmen tersebut sebesar 33,3%. Responden yang belum menentukan pilihan sebesar 8,4% dan tidak ada suara yang tidak sah.

"Jokowi-Ma'ruf unggul di segmen pemilih muslim yang menilai Indonesia harus khas Pancasila atau Indonesia harus seperti dunia Barat," kata peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa di kantornya, Jakarta, Selasa (5/3).

(Baca Analisis Data: Potensi Isu dan Segmen Pemilih Jelang Pilpres 2019)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...