3 Langkah Antisipasi Kehabisan Tiket Kereta Lebaran

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
6 Maret 2019, 16:10
Traveloka
Katadata

Setiap tahun, momen berburu tiket kereta Lebaran selalu menjadi tantangan. Jumlah pemudik makin bertambah, kursi kereta terbatas, dan waktu memproses pembelian tiket kereta yang ketat, adalah tiga hal utama yang membuat peluang mudik naik kereta api jadi tidak pasti.

Puncak arus mudik tahun ini diperkirakan terjadi pada H-7, yakni Rabu, 29 Mei 2019 dan puncak arus balik pada H+3, yaitu hari Minggu 9 Juni 2019. Anda tentu butuh persiapan khusus, terutama bila ingin mudik di waktu ramai tersebut.

Kadang, meski telah menyiapkan dengan sangat matang, orang tetap gagal membeli tiket kereta Lebaran. Nah, bila nanti Anda kehabisan tiket kereta Lebaran, tak perlu khawatir. Traveloka hadir untuk membantu Anda mengantisipasinya dari sekarang. Itu sebab, percayakan proses pembelian tiket kereta Lebaran Anda dengan Traveloka. Selanjutnya, lakukan tiga langkah antisipasi berikut:


1. Hidupkan notifikasi kursi kereta untuk memantau ketersediaan tiket

Pantau kapan kereta Lebaran yang sesuai kebutuhan Anda tersedia dan kapan tiket tersebut bisa Anda beli. Tanpa menyita waktu Anda, aktivitas pemantauan ini bisa Anda percayakan pada Traveloka. Caranya semudah menghidupkan notifikasi kursi pada fitur Train Seat Alert yang tersedia di Traveloka App. 

Setelah menghidupkan notifikasi ini, Traveloka akan memantau waktu pembukaan penjualan tiket kereta, bahkan memantau kapan kursi yang Anda inginkan tersedia pada kereta yang sebelumnya sudah penuh. Aplikasi akan mengingatkan Anda, sehingga Anda tak akan melewatkan waktu untuk segera mengamankan tiket kereta Lebaran tersebut.

 

2. Cari alternatif rute kampung halaman melalui kereta lanjutan


Jika tidak mungkin bagi Anda untuk mencapai kampung halaman dengan kereta utama (entah itu karena tiket kereta utama habis atau kampung halaman Anda memang tidak dalam rute kereta langsung), maka Anda bisa menggunakan kereta lanjutan sebagai alternatif. Kereta lanjutan bekerja selayaknya penerbangan transit. Kereta ini akan membawa penumpang ke stasiun transit terlebih dulu, lalu berganti kereta untuk lanjut ke stasiun tujuan utama. 

Melalui Traveloka, Anda bisa langsung mendapatkan informasi tiket Kereta Lanjutan di laman yang sama, saat Anda mencari tiket kereta Lebaran. Proses pemesanan dan pembeliannya pun mudah serta cepat.

 

3. Hidupkan notifikasi penanda ketersediaan kereta tambahan

Setiap menyambut Lebaran, perusahaan kereta api di Indonesia pasti menyediakan armada tambahan untuk mengantisipasi jumlah penumpang berlebih. Tahun ini, PT KAI menyediakan sekitar 50 unit kereta tambahan untuk mudik. Tiket kereta tambahan Lebaran ini baru akan tersedia pada 60 hari sebelum Hari Raya Idul Fitri. 

 
Mengingat terbatasnya jumlah kereta, Anda juga perlu mempersiapkan diri jika ingin memesan tiket kereta tambahan. Gunakan notifikasi Traveloka App khusus untuk mengecek ketersediaan kereta tambahan ini. Hidupkan notifikasi tersebut agar Traveloka bisa langsung memberitahu Anda saat tiket kereta tambahan untuk rute Anda siap dipesan.

 
Hanya dengan tiga langkah mudah bersama Traveloka, Anda bisa mengantisipasi habisnya tiket kereta Lebaran dengan tetap tenang. Anda memperbesar peluang untuk tetap mendapatkan tiket kereta dan jadi pulang kampung. Selamat berjumpa dengan keluarga dan kerabat Anda!

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...