Jadi Orang Terkaya Dunia, Jeff Bezos Bisa Tutup APBN 2019

Pingit Aria
8 Maret 2019, 12:51
Jeff Bezos
Instagram/@jeffbezos
Pendiri Amazon, Jeff Bezos.

Forbes kembali mengumumkan daftar orang terkaya di dunia atau Forbes World's Billionaires 2019. Pendiri dan CEO Amazon Jeff Bezos kembali menduduki posisi puncak setelah dua tahun berturut-turut mengalahkan bos Microsoft, Bill Gates.

Pemilik 16% saham Amazon tersebut tercatat memiliki nilai aset bersih US$ 131 miliar, atau sekitar Rp 1.854 triliun. Dengan kekayaan sebesar itu, Bezos dapat membiayai seluruh belanja pemerintah pusat yang dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019 yang nilainya sebesar Rp 1.634 triliun.

Kekayaan Bezos juga lebih besar ketimbang posisi cadangan devisa Indonesia. Seperti diketahui, cadangan devisa Indonesia per Februari 2019 sebesar US$ 123,3 miliar.

Dengan aset sebanyak US$ 131 miliar, Bezos bisa membayar seluruh impor barang dan jasa selama 7,2 bulan, lebih lama dibanding cadangan devisa yang hanya bisa bertahan 6,9 bulan.

Grafik:

Selain Bezos, pendiri Microsoft Bill Gates masih berada di posisi kedua daftar orang terkaya dengan aset mencapai US$ 96,5 miliar atau sekitar Rp 1.363 triliun. Begitu juga Warren Buffet dengan perusahaan investasi Berkshire Hathaway tetap ada di peringkat ketiga dengan total kekayaan US$ 82,5 miliar atau sekitar Rp 1.165 triliun.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...