Bos Amazon Jadi Orang terkaya Dunia Versi Forbes

Pingit Aria
7 Maret 2018, 14:48
Jeff Bezos
Instagram/@jeffbezos

Pendiri dan CEO Amazon, Jeff Bezos menjadi orang terkaya di dunia versi Majalah Forbes dengan kekayaan senilai US$ 112 miliar atau sekitar Rp 1.500 triliun. Bezos mengalahkan bos Microsoft, Bill Gates yang berada di posisi kedua dengan kekayaan senilai US$ 90 miliar.

Pertumbuhan nilai saham Amazon menjadi salah satu faktor utama yang mendorong perbendaharaan milik Jeff Bezos saat ini. Jika melihat kekayaannya secara real time, kini ia telah mengoleksi total aset senilai US$ 127,3 miliar, lebih tinggi dari target pajak Indonesia tahun ini.

(Baca juga: Kepala BKPM Berkomitmen Akan Jaga Investasi di Sektor Digital

Sementara itu, Warren Buffet berada di urutan kedua dan ketiga dengan kekayaan US$ 84 miliar. Selain itu, nama-nama besar di bidang teknologi seperti Mark Zuckerberg, duo Larry Page dan Sergey Brin, Ma Huateng, serta Jack Ma sukses bertengger di 20 besar dalam daftar tersebut.

Grafik: 10 Orang Terkaya di dunia versi Forbes (2018)
10 Orang Terkaya di dunia versi Forbes (2018)

Amazon sendiri terus menunjukkan pengembangan produknya di berbagai sektor. Berawal sebagai toko buku, Amazon kini bisa dikatakan menjual apapun secara online. Salah satu rencana terbaru mereka adalah untuk meluncurkan semacam rekening giro melalui kerja sama dengan sejumlah perbankan.

Selain itu, raksasa e-commerce ini pun telah menyiapkan dana sebesar US$ 5,5 miliar untuk menguasai pasar berisi 1,3 miliar penduduk yaitu India. Hal tersebut dilakukan karena Amazon mengaku kalah bersaing dengan Alibaba dan JD.com di pasar Tiongkok.

(Baca: BKPM Minta Data Investasi ke Go-Jek, Traveloka dan E-Commerce)

Reporter: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...