Grab Gandeng Kalbe Farma untuk Kembangkan Ekosistem Kesehatan

Desy Setyowati
12 Maret 2019, 18:06
grab
Grab
CEO Grab Anthony Tan dan President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata.

Penyedia layanan on-demand Grab bekerja sama dengan PT Kalbe Farma Tbk untuk mengembangkan ekosistem di bidang kesehatan. Lewat kerja sama ini, produk Kalbe Farma dapat dipasarkan melalui layanan Grab.

Menurut Presiden Direktur Grab Indonesia Ridzki D Kramadibrata, Kalbe Farma merupakan salah satu perusahaan farmasi terkemuka di Asia Tenggara. Menurutnya, Kalbe Farma telah mengembangkan bisnis model yang terbukti berhasil menyelesaikan tantangan di bidang kesehatan di Indonesia.

Untuk itu, Grab bekerja sama dengan Kalbe Farma guna memperluas pelayanan. “Kami percaya seluruh lapisan masyarakat berhak untuk mendapatkan akses kesehatan yang berkualitas dengan biaya yang terjangkau melalui teknologi,” ujar dia dalam siaran pers, Selasa (12/3).

(Baca: Grab Umumkan Investasi Rp 20,4 Triliun dari Softbank)

Presiden Direktur Kalbe Farma Vidjongtius menambahkan, perusahaannya berkomitmen untuk mengembangkan solusi kesehatan yang komprehensif (total healthcare solution) di Indonesia. “Kerja sama ini merupakan sinergi layanan berbasis online dan offline yang sedang dikembangkan menjadi ekosistem kesehatan oleh Kalbe,” ujar dia.

Kalbe Farma sendiri mengembangkan layanan kesehatan berbasis digital, seperti Klikdokter.com, Kalbestore.com, dan lainnya. Supaya ekosistem di bidang kesehatan semakin luas, Kalbe Farma pun menggandeng Grab.

(Baca: Grab Umumkan Investasi Rp 20,4 Triliun dari Softbank)

Nantinya, Grab mendukung kegiatan operasional Kalbe melalui berbagai layanan dan produk digital Online to Offline (O2O). Layanan itu di antaranya Grab Express, GrabRewards, GrabAds, GrabFresh, dan Grab for Business.

Grab menyediakan layanan pengantaran produk Kalbe Farma melalui GrabExpress. Lalu, promosi produk kesehatan Kalbe di aplikasi Grab bisa menggunakan GrabRewards. Selain itu,  Kalbe dalam melakukan kampanye terintegrasi melalui platform Grab lewat GrabAds. Saat ini GrabAds tersedia dalam bentuk Mobile Billboards, In-car Engagement dan In-app Engagement.

Kemudian, GrabFresh bisa menjadi alternatif bagi konsumen untuk mendapatkan produk-produk Kalbe Farma. Lalu, Grab for Business bisa digunakan untuk  mendukung otomasi kegiatan operasional Kalbe supaya lebih efisien. Caranya, karyawan Kalbe dan pengiriman dokumen bisa menggunakan layanan transportasi Grab.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...