Menjajal 29 Menit MRT dari Bundaran HI hingga Lebak Bulus

Ameidyo Daud Nasution
12 Maret 2019, 13:22
Jusuf Kalla Kunjungi MRT
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Penampakan kereta MRT di Gedung Administrasi Depo MRT Lebak Bulus, Jakarta (27/12). Saat ini MRT Jakarta sudah memiliki 16 set kereta. Sekadar kilas balik, kereta pertama dan kedua datang pada April 2018. Pada Agustus 2018, MRT Jakarta memulai tes integrasi persinyalan di jalur utama menggunakan kereta pertama.

PT MRT Jakarta resmi menjajal Moda Raya Terpadu (MRT) kepada masyarakat umum mulai hari Selasa (12/3) ini. Uji coba dilakukan selama dua pekan.

Perusahaan menargetkan 285.600 penumpang berpartisipasi mencoba moda transportasi anyar tersebut. Katadata.co.id dan sejumlah jurnalis juga berkesempatan melakukannya.

Perjalanan kami mulai dari Stasiun Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat. Untuk memasuki stasiun, penumpang masuk melalui pintu di depan Plaza Indonesia dan turun melewati eskalator.

Setelah itu, penumpang akan menemui lorong panjang disambung tangga berjalan lagi dan langsung tiba di peron. Kereta berwarna abu-abu dengar garis biru lalu datang dan siap membawa kami ke arah selatan Jakarta, tepatnya Stasiun Lebak Bulus.

(Baca: Menyusuri Fasilitas Stasiun MRT)

Berbeda dengan KRL yang tanpa pembatas, di MRT ada pembatas kaca transparan antara peron dan rel. Tujuannya, demi keamanan dan keselamatan. Penumpang secara otomatis memiliki jarak aman dengan kereta yang melaju kencang.

"Pintu peron di sebelah kiri, awas jangan terlalu dekat kaca karena ada sensor untuk kereta," kata seorang petugas.

Begitu kereta tiba, pintu kaca terbuka dan penumpang masuk ke dalam. Terlihat kereta yang diproduksi pabrikan Jepang yakni Nippon Sharyo tersebut masih bersih.

Sekilas penampakannya mirip dengan kereta commuter line yang Jakarta Kota-Bogor, namun beberapa fasilitasnya terlihat lebih baru. Pembedanya hanya kursi plastik berwarna biru yang menghiasi MRT.

(Baca: Cerita Sri Mulyani Naik MRT, Waktu Perjalanan Lebih Efisien )

Kereta lalu memulai perjalanannya pukul 10.33 WIB dan hanya dalam tempo 11 menit telah tiba di Stasiun Senayan. Stasiun ini merupakan stasiun bawah tanah terakhir sebelum kereta ini menaiki permukaan tanah dan melayang (elevated) hingga Lebak Bulus.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...