Hari Pertama London Book Fair, Indonesia Raup Transaksi Rp 3 Miliar

Michael Reily
14 Maret 2019, 08:55
Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf membuka Paviliun Indonesia dalam London Book Fair (LBF) 2019 di Olympia, London
ANTARA/Mulyo Sunyoto
Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf membuka secara resmi Paviliun Indonesia dalam London Book Fair (LBF) 2019 di Olympia, London, Selasa (12/3).

Indonesia berhasil meraup transaksi yang cukup baik pada hari pertama ajang pameran London Book Fair 2019 di Inggris. Sebanyak 12 hak cipta buku terjual dalam ajang ini, dengan nilai total mencapai Rp 3,11 miliar. Ada juga peluang-peluang yang didapat Indonesia dalam penjualan buku ke pasar internasional.

Selain penjualan hak cipta buku Seri Meihua 6 level milik Asta Ilmu Publishing, 227 judul buku menjadi minat pembeli global. Beberapa negara tertarik membelinya, diantaranya dari Amerika Serikat (AS), Inggris, Jerman, Italia, Turki, Yoirdania, Tiongkok, Taiwan, Jepang, Korea, Thailand, dan Singapura.

(Baca: Laporan London Book Fair: Penulis RI Berpeluang Masuk ke Pasar Global)

Publisher Group UK juga berkomitmen menyalurkan buku Indonesia ke AS, Italia, Australia, dan India. Untuk konten non-buku, Universitas Amikom Yogyakarta menandatangani Nota Kesepahaman dengan University of Essex untuk program kerja sama sarjana dual kampus.

Bahkan, Amazon UK juga melakukan persetujuan kerja sama dengan MSV Pictures. Dengan kerja sama ini, Film karya Aryanto Yuniawan, November 10th (Battle of Surabaya) bakal mendapatkan penayangan pada Amazon Uk secara global. 

Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf menyatakan produk Tanah Air mendapatkan impresi cukup kuat dalam hari pertama London Book Fair. Sebagai Market Focus Country, acara yang berhubungan dengan Indonesia selalu padat pengunjung. Secara total, ada 18 acara yang diselenggarakan pada hari pertama.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...