Jokowi Resmikan Pasar Ikan Modern di Muara Baru

Michael Reily
14 Maret 2019, 11:56
Pasar Ikan Modern Muara Baru, di Jakarta Utara
www.setkab.go.id

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan Pasar Ikan Modern Muara Baru, Jakarta, sebagai pasar ikan modern pertama di Indonesia. Nantinya, Pasar Ikan Modern Muara Baru akan menjadi percontohan untuk diadopsi pasar ikan lain di seluruh Indonesia.

Jokowi menjelaskan fasilitas yang tersedia dalam pasar ikan modern menghapus paradigma budaya tentang tempat transaksi ikan dekat pelabuhan. Sebab, fasilitas tempat makan (food court), penyimpanan pendingin (cool storage), sistem sanitasi dalam Pasar Ikan Modern Muara Baru menggunakan standar internasional.

Dia menceritakan kondisi Pasar Ikan Modern Muara Baru sebelumnya yang bau dan becek sehingga membuat alas kaki menjadi kotor. Alhasil, pengunjung tidak merasa nyaman untuk mendatangai pasar ikan. Dengan perbaikan konsep pasar ikan modern yang bersih, diharapkan masyarakat akan semakin tertarik berbelanja di sana. 

"Ke depan untuk seluruh provinsi, sebagai contoh nantinya pembangunan di provinsi-provinsi yang lain, termasuk fasilitas di dalamnya," kata Jokowi dalam keterangan resmi Sekretariat Kabinet, Kamis (14/3). (Baca: Menteri Susi Akan Bangun Pasar Ikan Modern di Palembang dan Soreang)

Selain itu, Jokowi juga meminta Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menjadikan pasar ikan lebih menarik. Misalnya dengan membuatkan seragam untuk para pedagang, agar pasar ikan semakin mencolok dan terlihat lebih bersih lagi. Harapannya, ketertiban dan ketertarikan masyarakat bisa menjadi budaya baru di pasar ikan.

Jokowi mengungkapkan pembangunan Pasar Ikan Modern Muara Baru tidak memerlukan perencanaan panjang. Pada Juli 2016 lalu, dia meminta Menteri Susi membangun pasar ikan modern yang sama seperti Pasar Tsukiji di Tokyo, Jepang. “Dia bilang bisa, cepat kerjakan, bangun,” ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...