Survei: Prabowo-Sandi Didukung Masyarakat Berpendidikan Tinggi

Dimas Jarot Bayu
14 Maret 2019, 09:23
Prabowo-Sandi mendapat dukungan masyarakat berpendidikan tinggi
KATADATA/RIZKA GUSTI
Deklarasi dukungan untuk calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno. Prabowo-Sandi mendapat dukungan masyarakat berpendidikan tinggi.

Hasil survei Konsep Indonesia (Konsepindo) menunjukkan masyarakat kalangan berpendidikan tinggi lebih banyak memilih pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dibandingkan Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Elektabilitas Prabowo-Sandiaga di segmen berpendidikan tinggi unggul 6,3% dibandingkan Jokowi-Maruf.

Berdasarkan catatan Konsepindo, elektabilitas Prabowo-Sandiaga di segmen tersebut sebesar 42,1%, sementara Jokowi-Ma'ruf sebanyak 35,8%. Ada pun responden di segmen pendidikan tinggi itu yang belum menentukan pilihan sebesar 22,1%.

"Di segmen pendidikan, Pak Prabowo-Sandiaga unggul di segmen yang pernah kuliah dan di atasnya," kata Direktur Konsepindo Veri Muhlis Arifuzzaman di Jakarta, Rabu (13/3).

(Baca: Dukungan Alumni, Upaya Mendongkrak Lemahnya Suara Kalangan Terpelajar)

Kubu Prabowo-Sandi memang bergerak intensif mendekati masyarakat berpendidikan tinggi. Pada 26 Januari lalu, alumni dari 115 perguruan tinggi di Indonesia menyatakan dukungan terhadap Prabowo-Sandi di Pilpres 2019.

Tim Kampanye Nasional (TKN)  Jokowi-Maruf pun bergerak menarik dukungan alumni universitas. Juru bicara TKN Ace Hasan Syadzily menilai dari hasil survei ini menunjukkan bahwa deklarasi sejumlah alumni universitas kepada Jokowi-Ma'ruf belum mampu meningkatkan elektabilitas mereka di kalangan berpendidikan tinggi.

Ace mengatakan pihaknya akan berusaha lebih keras untuk bisa menggaet suara kalangan berpendidikan tinggi. "Kami harapkan pada sisa masa kampanye ini nantinya bisa memiliki dampak lebih besar terhadap kami," kata Ace.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...