Survei: Prabowo-Sandi Didukung Masyarakat Berpendidikan Tinggi

Penulis: Dimas Jarot Bayu

Editor: Yuliawati

14/3/2019, 09.23 WIB

Survei Konsepindo menunjukkan elektabilitas Prabowo-Sandiaga di segmen berpendidikan tinggi unggul 6,3% dibandingkan Jokowi-Maruf.

Prabowo-Sandi mendapat dukungan masyarakat berpendidikan tinggi
KATADATA/RIZKA GUSTI
Deklarasi dukungan untuk calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno. Prabowo-Sandi mendapat dukungan masyarakat berpendidikan tinggi.

Hasil survei Konsep Indonesia (Konsepindo) menunjukkan masyarakat kalangan berpendidikan tinggi lebih banyak memilih pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dibandingkan Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Elektabilitas Prabowo-Sandiaga di segmen berpendidikan tinggi unggul 6,3% dibandingkan Jokowi-Maruf.

Berdasarkan catatan Konsepindo, elektabilitas Prabowo-Sandiaga di segmen tersebut sebesar 42,1%, sementara Jokowi-Ma'ruf sebanyak 35,8%. Ada pun responden di segmen pendidikan tinggi itu yang belum menentukan pilihan sebesar 22,1%.

"Di segmen pendidikan, Pak Prabowo-Sandiaga unggul di segmen yang pernah kuliah dan di atasnya," kata Direktur Konsepindo Veri Muhlis Arifuzzaman di Jakarta, Rabu (13/3).

(Baca: Dukungan Alumni, Upaya Mendongkrak Lemahnya Suara Kalangan Terpelajar)

Kubu Prabowo-Sandi memang bergerak intensif mendekati masyarakat berpendidikan tinggi. Pada 26 Januari lalu, alumni dari 115 perguruan tinggi di Indonesia menyatakan dukungan terhadap Prabowo-Sandi di Pilpres 2019.

Tim Kampanye Nasional (TKN)  Jokowi-Maruf pun bergerak menarik dukungan alumni universitas. Juru bicara TKN Ace Hasan Syadzily menilai dari hasil survei ini menunjukkan bahwa deklarasi sejumlah alumni universitas kepada Jokowi-Ma'ruf belum mampu meningkatkan elektabilitas mereka di kalangan berpendidikan tinggi.

Ace mengatakan pihaknya akan berusaha lebih keras untuk bisa menggaet suara kalangan berpendidikan tinggi. "Kami harapkan pada sisa masa kampanye ini nantinya bisa memiliki dampak lebih besar terhadap kami," kata Ace.

Joko Widodo mendapatkan dukungan dari Koalisi Alumni Diponegoro
Joko Widodo mendapatkan dukungan dari Koalisi Alumni Diponegoro (ANTARA FOTO/PUSPA PERWITASARI)

 

(Baca: JK Ingatkan Alumni Jangan Seret Universitas dalam Dukungan Capres)

Meski kalah di segmen berpendidikan tinggi, Jokowi-Ma'ruf masih unggul di segmen pendidikan lainnya. Di segmen pemilih tidak tamat SD, elektabilitas Jokowi-Ma'ruf sebesar 54,8%. Sementara, Prabowo-Sandiaga memperoleh suara di segmen tersebut sebesar 21,9%. Responden yang belum menentukan pilihan sebesar 23,3%.

Di segmen pemilih tamatan SD, elektabilitas Jokowi-Ma'ruf sebesar 54%. Prabowo-Sandiaga memperoleh suara sebesar 21,9% di segmen tersebut. Adapun responden yang belum menentukan pilihan sebesar 13,2%.

Elektabilitas pasangan calon petahana di segmen pemilih tamatan SMP sebesar 48%. Elektabilitas Prabowo-Sandiaag di segmen tersebut sebesar 32,9%. Sementara, 19,1% responden belum menentukan pilihan.

Di segmen pemilih tamatan SMA, elektabilitas Jokowi-Ma'ruf sebesar 55,9%. Tingkat kedipilihan Prabowo-Sandiaga di segmen tersebut sebesar 29,7%. Sebanyak 14,4% responden belum menentukan pilihan.

(Baca: Survei Konsepindo: Prabowo-Sandi Menang Tipis di Sumatra)

 

Reporter: Dimas Jarot Bayu

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha