Rudiantara Anggap Janji 3.500 Startup ala Ma'ruf dapat Tercapai

Michael Reily
18 Maret 2019, 14:35
IED 2019
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Rudiantara sebut janji 3.500 startup ala Maruf kemungkinan dapat tercapai.

Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 02 Ma'ruf Amin menargetkan terciptanya 3.500 startup di Indonesia sampai 2024. Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Rudiantara mengatakan, target Ma’ruf Amin itu memungkinkan untuk tercapai.

Akan tetapi, menurutnya hal utama yang perlu diperhatikan adalah kualitas dari perusahaan rintisan itu sendiri. "Target itu sangat mungkin terjadi. Hanya, kami ingin startup lebih layak, yang sudah melewati proses inkubasi dan akselerasi,” katanya di Jakarta, Senin (18/3).

(Baca juga: Singgung Bisnis Digital, Ma'ruf Janji Ciptakan 3500 Startup pada 2024)

Program inkubasi dan akselerasi ini bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan startup di masa-masa awal. Perbedaan mendasar dari kedua program ini ada pada lamanya proses. Inkubasi biasanya memakan waktu sekitar enam bula atau lebih. Sedangkan akselerator biasanya berlangsung selama tiga bulan atau lebih.

Kedua program ini menurut Rudiantara penting, supaya startup bisa mengembangkan bisnis ke depan. “Supaya mereka siap untuk pendanaan series selanjutnya," kata dia. Sebab, para pemberi modal ingin startup yang mereka danai tumbuh berkelanjutan.

Tanpa kedua proses itu, menurutnya Indonesia pasti sudah memiliki ribuan startup. Sebab, siapa pun bisa dengan mudah membuat startup dewasa ini. Belum lagi, kementeriannya hanya mensyaratkan pendaftaran bagi startup yang menyediakan layanan lewat aplikasi. “Kalau bukan hanya berdasarkan seed capital (modal di tahap awal), jumlahnya sudah ribuan," ujarnya.

(Baca: AHY Minta Pemenang Pilpres 2019 Perbanyak Pusat Inkubasi Startup)

Pemerintah pun menargetkan terciptanya seribu startup hingga 2020. Sejauh ini, ia melihat upaya untuk mencapai target tersebut sudah sesuai rencana. Hingga Februari 2019, sudah ada 584 startup yang melewati fase inkubasi dan akselerasi yang diselenggarakan pemerintah.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...