Gopay dan Lazismu Targetkan Donasi Digital Lebih dari Rp 13 Miliar

Cindy Mutia Annur
19 Maret 2019, 21:04
Go-Pay
Katadata/Desy Setyowati
Papan iklan yang memuat QR Code untuk bersedekah melalui Go-Pay di Stasiun Cikini, Jakarta, Kamis (24/5).

GoPay bekerja sama dengan Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sedekah Muhammadiyah (Lazismu) untuk mendorong donasi ke institusi pendidikan dalam wirausaha. Donasi digital melalui channel ini ditargetkan mencapai lebih dari Rp 13 miliar.

SVP Marketing GoPay Galuh Chandra Kirana berharap pengguna GoPay akan semakin banyak berdonasi lewat kemudahan inovasi yang pihaknya berikan. Sebelumnya, sejak April 2018 sampai Februari 2019, jumlah donasi dari 131 ribu pengguna GoPay telah mencapai Rp 13 miliar. “Mudah-mudahan lewat (kerja sama) ini bisa lebih,” ujar Galuh saat ditemui di Hongkong Café, Jakarta, Selasa (19/3).

Lebih lanjut Galuh mengatakan, pengguna GoPay bisa berdonasi ke Lazismu dengan memindai kode QR (quick response). Kode QR yang disediakan pun akan tersebar 500 cabang Lazismu di berbagai kota di Indonesia.

(Baca: Bertambahnya Dompet Digital Dianggap Naikkan Inklusi Keuangan)

Chief Corporate Affairs Gojek Nila Marita mengatakan, pihaknya merasa senang bisa bekerja sama dengan Lazismu karena mempunyai ekosistem besar, yakni mencapai 500 cabang di seluruh Indonesia. “Kami ingin berfokus di zakat, infaq, dan sedekah lewat GoPay supaya bisa jadi solusi terutama bagi orang Indonesia yang berada di ekosistem Lazismu untuk berinfaq,“ ujarnya.

Nila mengatakan, apalagi berdasarkan riset Charities Aid Foundation pada 2018 menyebut bahwa Indonesia menempati posisi pertama sebagai negara dengan penduduk  yang paling dermawan.  Tiga faktor yang menjadi penilaian utamanya, yakni kesediaan berdonasi, membantu orang yang tidak dikenal, serta menjadi relawan dalam berbagai kegiatan sosial.

Sementara itu, Direktur Utama Lazismu Hilman Latief mengatakan, lembaganya telah bekerja sama dengan lebih dari 400 panti asuhan, 7.000 masjid.  Ia berharap Gojek dan Gopay dapat membantu Lazismu dalam melakukan digitalisasi ekosistemnya.‘‘Yang penting adalah edukasi dan perubahan sosial, bagaimana kita bisa meningkatkan kesadaran masyarakat,“ ujarnya.

(Baca: Gojek Kini Punya Fitur Chat bagi Sesama Pengguna Aplikasinya)

Sebagai informasi, Gopay mulai memperkenalkan inovasi sedekah digital sejak Ramadan 2018 lalu melalui kerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS). Selain itu, inovasi sedekah digital dinilai turut meningkatkan reaksi cepat tanggap dan membantu agar pengumpulan bantuan untuk musibah dapat dilakukan lebih cepat dan tepat sasaran.

Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...