Jaya di Festival, Ave Maryam & Kucumbu Tubuh Indahku Tayang di Bioskop

Penulis: Michael Reily

Editor: Martha Ruth Thertina

22/3/2019, 13.27 WIB

Sebelum masuk ke bioskop Tanah Air, kedua film tersebut sudah tayang di berbagai festival film nasional dan internasional.

Kucumbu Tubuh Indahku
Instagram fourcoloursfilms
Film Ave Maryam karya sutradara Ertanto Robby dan Kucumbu Tubuh Indahku garapan sutradara Garin Nugroho bakal tayang di Bioskop April 2019.

Bulan April mendatang, bioskop Indonesia bakal menayangkan film Ave Maryam karya sutradara Ertanto Robby dan Kucumbu Tubuh Indahku garapan sutradara Garin Nugroho. Sebelum masuk ke bioskop Tanah Air, kedua film tersebut sudah tayang di berbagai festival film nasional dan internasional.

Ave Maryam sudah tayang di Hanoi International Filve Festival, Hongkong Asian Film Festival, serta Cape Town International Film Market & Festival. Paling anyar, film rilisan Summerland Films ini tayang di Jogja-Netpac Asian Film Festival dan Plaza Indonesia Film Festival.

Robby menyatakan Ave Maryam bercerita tentang cinta, kejujuran, dan pengabdian pada kemanusiaan. "Harapan saya, Ave Maryam dapat terhubung dengan Anda dan orang-orang yang Anda cintai, dengan ingatan Anda berbagi pengalaman mencintai diri Anda dan dunia," tulisnya dalam akun Instagram @ertantorobbysoediskam.

(Baca: Lanjutkan Tren Film Terlaris, Falcon Umumkan Produksi Film Warkop DKI)

Ave Maryam bercerita tentang Maryam -- diperankan Maudy Koesnaedi -- yang terlahir dari keluarga Muslim, yang mengurus rumah biarawati di daerah Ambarawa, Semarang. Berlatar tahun 1998, Maryam merawat para biarawati yang sudah pensiun sekaligus menyiapkan makanan dan membersihkan asrama.

Namun, Maryam pun terjebak hubungan dengan seorang pastor baru bernama Yosef – diperankan Chicco Jericho. Film Ave Maryam bakal tayang pada 11 April 2019, delapan hari sebelum peringatan Wafat Isa Al-Masih pada 19 April 2019.

Sedikit lebih awal, Kucumbu Tubuh Indahku garapan Garin Nugroho bakal tayang pada 18 April 2019. Film ini sudah menyabet penghargaan internasional, seperti Bisanto D'oro Award Venice Independet Film Critic, Best Film Festival Des 3 Continents, serta Cultural Diversity Award under The Patronage of UNESCO Asia Pacific Screen Awards.

(Baca: Berkat Film AADC, CJ Entertainment Percayakan Sunny ke Mira Lesmana)

Garin juga berhasil meraih gelar film terbaik dan sutradara terbaik dalam Penghargaan Festival Film Tempo 2018. "Kucumbu Tubuh Indahku dimainkan mereka yang dalam dirinya adalah galeri tubuh dan suara yang kaya," tulisnya dalam akun instagram @garin_film.

Film ini dibintangi Muhammad Khan dan Raditya Evandra. Selain itu, Sujiwo Tejo, Teuku Rifnu Wikana, Randy Pangalila, Endah Laras, serta Windarti juga berperan dalam film ini. Musisi Mondo Gascaro, pendiri band Sore, menjadi komposer musik untuk film ini.

Film ini bercerita tentang Juno, seorang penari lengger lanang. Lengger lanang adalah tarian perempuan yang dibawakan penari laki-laki. Dia pun harus berpindah tempat dari satu desa ke desa lain yang mengantarkannya pada berbagai pengalaman hidup.

Kucumbu Tubuh Indahku merupakan hasil karya rumah produksi Four Colours Film. Rumah produksi asal Yogyakarta tersebut sudah membuahkan karya internasional seperti Semalam, Anak Kita Pulang; Siti; Turah; serta Sekala Niskala.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha